Sabtu, 29 Maret 2014

Re: [belajar-access] Membuat Nomor Dokumen

 

xella_navi....,

Ada berbagai metode untuk membuat nomor dokumen. Kalau saya cenderung pada menyimpan 1 nomor urut yang akan disampaikan ke user. Perkara nanti akan disampaikan dengan cara berbeda, kita tinggal menggabungkan dengan kode-kode lain.

Contoh kongretnya begini. Misal, nama tabelnya t. Field minimalnya harus ada:

1. Id, type number (unik), untuk record id. Bisa juga bertype autonumber. Kalau tidak, pada saat insert data harus diambilkan dari nilai tertinggi + 1.
2. ids (misalnya), type number, untuk nomor ke user
3. Tgl, type date/time, untuk penetapan tanggal transaksi
4. dst

Pada saat eksekusi simpan dilakukan, beri nomor urut untuk user (ids) dengan nilai paling tinggi untuk tahun dan bulan transaksi yang sedang berjalan. Scriptnya:


Dim aa As Integer

aa = Nz(DMax("[ids]", "t1", "month([tgl])=" _
Month(Now) " and year([tgl])=" Year(Now)), 0)
aa = aa + 1 'aa merupakan tertinggi + 1 pada bulan dan tahun berjalan


Untuk menyampaikan data jadi ke user, kita tinggal menggabungkan nomor ids tersebut dengan variabel lainnya. Contoh:

dim nf as Variant
nf = "FB" Format(tgl, "yy") _
Format(tgl, "mm") _
Format(ids, "0000")

tgl = nama field tanggal
ids = nomor urut yang akan disampaikan ke user.


Semoga bisa membantu dan memberi semangat.


Hariyanto (Surabaya)


--------------------------------------------
On Sat, 29/3/14, xella_navi@yahoo.com wrote:

Subject: [belajar-access] Membuat Nomor Dokumen [1 Attachment]
To: belajar-access@yahoogroups.com
Date: Saturday, 29 March, 2014, 8:56 PM

[Attachment(s) from xella_navi@yahoo.com
included below]

Agan2 yth, saya mau minta
bantuan,di DB yang saya lampirkan
ini, saya rencananya mau buat nomor faktur (namafield
NoBeli) otomatis terisi
ketika saya tekan tombol simpan(Formatnya YYMM0001,dst).
Kode di tombol simpan
onclick nya sudah saya isi (hasil modif dari kode yg sy
dapat di inet, dan
formnya juga hasil modif dari tutorial yg saya beli,jd gak
murni cm copas
doing),tp waktu dijalankan, untuk record pertama cm muncul
nomornya YYMM
(1403). Nah setelah diisi record ke 2 dst hasilnya (14030004
[0004 nya mungkin
dari hasil MM+1])nah saya mau minta tolong kalo agan2
berkenan tolong dilihat
kode yang saya masukkan itu salahnya dimana, trus
pembetulannya gimana (kalo
bisa beserta penjelasannya). Oia saya juga pengen nambahin
di depan nomornya
FB(FakturBeli)sehingga hasilnya klo bisa FB14030001,
FB14030002,dst dan dibulan berikutnya nomor akan reset dan
dimulai dr nomor 1 lagi.

Oia saya dulu juga pernah
minta bantuan sm agan Hary untuk
membuat kartu stok dengan hpp avrg, tp saya belum kasih
tanggapan lg atas
jawaban yg agan harry kasih, krna sy lagi belajar buat
memahami isi code d VBA

Terimakasih sebelumnya atas
bantuannya


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar