Jumat, 01 Juli 2011

[belajar-access] Experimen lanjutan : Access Vs SQL Server (Link Tabel method)

 

Dear Warga Milis,...

Berangkat dari masih penasaran saya, akhirnya saya coba lanjut eksperimen saya terdahulu, kali ini saya coba membandingkan
antara Access Vs SQL Server.
Proses sama persis sewaktu saya bereksperimen dengan MySQL, jadi seluruh data pada db2.mdb saya upsize ke SQL Server dan
kemudian saya link dengan FE baru, sehingga :

BE3 = db2_SQL Server
FE3 = NWLink_SQL Server.mdb

Secara singkat saya ulangi langkah2 eksperimen saya terdahulu, yaitu koneksi ODBC, tapi saya langsung buat Form "Query3" yang pada
akhirnya Form tsb akan menampung 215040 record dan 45 Field.

Hasilnya :
Pada waktu Form "Query3" dibuka tidak jadi masalah,  (Pada waktu hal ini dilakukan di FE2 = NWLink_MySQL hal ini berakibat komputer hang).
Hanya saja proses Menuju Record terakhir (Move Last) terjadi waktu tunggu yang sangat lama.(sekitar 1 menit), dan muncul peringatan
dari komputer adanya pemakaian memory yang sangat besar/over.
Sekedar mengulang hasil eksperimen saya terdahulu, pada FE1 = NWLink_mdb yaitu source Form "Query3" adalah link tabel dari Mdb (bukan ODBC),
proses pembukaan Form sangat cepat (lebih cepat dari FE3/LT to SQL Server)...dan proses Move Last juga sangat cepat (sekitar 1 detik).. dan tidak
ada warning apapun dari komputer.

dari sini saya berhipotesa bahwa untuk FE Access dan BE dengan Link Tabel SQL Server lebih baik dari pada MySql, tapi tetap saja lebih baik menggunakan BE Access. Hal yang harus diingat dari kesimpulan ini :
1. Saya hanyalah seorang newbie sekali, dan pengetahuan ttg database serta connection sangat minim...
2. Pembatasan adalah yg dipakai metode Link Tabel, untuk jenis koneksi menggunakan connection string seperti ADO perlu percobaan lain.
3. FE adalah Access, utk FE lain saya tidak tahu karena memang gak bisa..,,,tapi kalo tdk salah cuma FE Access yg menyediakan Link Tabel.
4. Eksperimen adalah di local host belum dicoba di jaringan dengan DB di server.
5. Experimen2 ini belum menyertakan ketangguhan DB jika dipakai secara Multi User, secara info yang saya baca (dan saya yakin sekali benar)
    MySQL, SQL Server memang diciptakan utk multi user sehingga pasti lebih baik dari BE Access....hanya saja tdk ada salahnya bila kita mem
    buktikan langsung. Saya terkendala mencari jaringan dan relawan yang mau mengoperasikan aplikasi secara berbarengan, (paling gak butuh
    minimal 10 orang mungkin).

Sekali lagi saya sangat berterima kasih bila ada yang mengoreksi hasil2 eksperimen saya ini, karena saya sangat menyadari kekurangan saya
semua ini hanya karena saya ingin belajar.

Regards
Hendra

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar