Rabu, 27 Juli 2011

Re: [belajar-access] Koneksi LAN

 

Assalamu'alaikum Wr,Wb.
Marhaban Ya Romadhon.....
Mungkin hal ini sdh pernah dibahas di milis ini, hanya sekedar ingin membantu menyederhanakan penyampaian mengenai koneksi via LAN untuk penggunaan multi user, meskipun sebenarnya Access telah menyediakan sarana untuk itu, yakni dengan menggunakan Database Splitter. namun demikian kita bisa lakukan pemisahan secara manual kurang lebih sbb:

1. Pisahkan program mdb anda menjadi 2, pisahkan antara tabel menjadi file mdb tersendiri dari mdb yang berisi Form dan Query     juga Modul nya, dengan kata lain itu yang disebut dengan Database.mdb menjadi BE(BackEnd) dan Program.mdb menjadi FE(FrontEnd) dan tabel2 yang ada di masing2 FE harus dihapus.

2. Database.mdb inilah yang anda copy atau letakkan di sharing folder pada sebuah PC yang akan dijadikan SERVER, selanjutnya       Program.mdb dapat anda copy atau letakan pada PC masing2 user.

3. Setelah semua pada posisinya, selanjutnya anda tinggal membuat Link Tabel dari masing2 Program.mdb (yang ada di masing2 PC user) ke Database.mdb yang ada di SERVER tsb.

4. Tambahan : klo menurut saya sebaiknya file BE tidak diletak kan di Sharing Folder tapi pada drive paritsi lain seperti drive D:/ atau drive E:/ karena hal ini sangat beresiko bila server karena suatu hal sistem operasi terjadi error dan sampai tidak bisa booting, sehingga perlu di format dan diinstal ulang, maka file Database.mdb anda akan tetap aman karena tidak ikut di format, krn hanya drive C:/ saja yang di format.
tetapi hal ini membutuhkan pengaturan lebih lanjut yakni denga membuat Map Network Drive pada masing2 PC user setelah Folder tersebut anda Share.

Kurang lebihnya spt itu, barangkali bisa membantu, semoga bermanfaat.

Wassalam,

Achmad Dicky
Surabaya.


From: Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, July 27, 2011 3:12 PM
Subject: [belajar-access] Koneksi LAN

 
Dear para Master - Master

Gimana ya caranya agar file .mdb yang saya punya bisa dibuka secara
bersamaan pada komputer 1 dan 2 pada jaringan LAN.

terima kasih
mohon bantuannya.



__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar