Salam access,
Ada 2 trik yang saya ketahui untuk mempersingkat proses export data ke excel berserta formatnya.
Pertama, sumber datanya berasal dari tabel bukan query. Prosesnya delete isi data kemudian insert into data baru. Kemudian run vba excel di access.
Kedua, export data ke excel secara biasa, kemudian macro yg dibuat di excel disimpan sebagai add in dan dijalankan dari vba access.
Baik proses pertama atau proses kedua, lama proses tergantung dari berapa banyak proses pengulangan format cell di excel.
Terakhir, dgn menggunakan vba di access. Looping pekerjaan export ke excel bisa semuanya dilakukan secara otomatis (penamaan file, berapa banyak worksheet dalam satu file, penghapusan file, setting untuk cetak. Pada dasarnya bisa otomatis 300 file terbentuk, hanya saja diperlukan testing terus menerus sampai waktu prosesnya sudah menemukan titik standardnya.
Juga jangan lupa, selesai pengerjaan pada satu file, maka xlapp harus direlease/close (bisa dilihat dari task manager windows, apakah masih ada excel.exe yang aktif.
~Roland
Dim xlBook As Excel.Workbook
Dim xlSheet As Excel.Worksheet
Leonardus Adityo T.P
http://pujanggamu.wordpress.com
"alon-alon asal kelakon"
Untuk export ke excel secara keseluruhan itu bisa saja. Hanya saja membutuhkan banyak coding dan waktu untuk penyesuaiannya. Yang lebih sederhana bisa dilakukan adalah menggunakan mail merge pada word dan ms access sebagai datasourcenya.
Atau setting cetak di report ms access tapi ketika cetak disave sebagai pdf.
Dan jika masih menggunakan export ke excel, prosesnya seperti ini :
- Buat dan rekam layoutnya di excel via excel macro.
- Buat modul new excel pada vba di ms access
- copy macro yang dibuat diexcel ke ms access.
- testing dan testing sampai sesuai kebutuhan.
Hanya sekedar saran saja.
~Roland
Posted by: "Roland" <rolandtambunan@gmail.com>
Reply via web post | • | Reply to sender | • | Reply to group | • | Start a New Topic | • | Messages in this topic (5) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar