Jumat, 01 Juli 2011

Re: [belajar-access] Eksperimen Access Vs Mysql

 

Terima kasih Mas Hari yanto...
Untuk itulah mas saya bener2 pengen bimbingan dari para senior, dan juga rekan2 lain..
Saya coba attach-kan file2 yg saya pakai eksperimen dgn maksud sebanyak mungkin yang mencoba dan kemudian
mau share hasilnya ke milis, mungkin hasil yang saya dapat salah.
Mungkin betul mas seharusnya Access nya juga di ODBC kan, cuma saya pikir kenapa harus di ODBC kalau langsung bisa.
Entah dimana letak salah eksperimen saya ini, saya juga heran mas hasilnya seperti itu, terutama pada hasil eksperimen ke 3
membuka form, form yang berasal dari Link Mysql tidak bisa dibuka karena laptop hang, sedangkan yang link mdb gak ada masalah
sama sekali Terus move last juga cepat di link mdb. Kemudian besar file FE mencolok sekali, yang Link MySql bisa 6 kali besar FE
yang link mdb.
Mohon bimbingannya mas Hari.

Regards
Hendra




From: hari yanto <har_i20002000@yahoo.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Fri, July 1, 2011 1:19:14 PM
Subject: Re: [belajar-access] Eksperimen Access Vs Mysql

 

Cara membandingkannya mungkin harus dilihat lagi. Kalau pakai ODBC untuk link ke database MySql, Ms Accespun harus dilakukan dengan cara serupa.
 
Pengalaman saya, kok berbeda ya. Ms Acces dan MySql saya taruh di server. Koneksi pakai ODBC. Hasilnya, akses ke database MySql jauh lebih cepat dibandingkan Ms Access. Lebih-lebih kalau melakukan penghitungan.
 
Hariyanto (Surabaya)

--- On Fri, 1/7/11, Aksan Kurdin <aksan.kurdin@gmail.com> wrote:

From: Aksan Kurdin <aksan.kurdin@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-access] Eksperimen Access Vs Mysql
To: belajar-access@yahoogroups.com
Date: Friday, 1 July, 2011, 9:47 AM

 
Jangan lupa pastikan untuk menuju ke record terakhir.
Kecepatan buka access di form sebenarnya asynchronized, artinya, data belum habis dibaca / ditarik dari database, access sudah menampilkannya ke form, sementara itu access tetap melakukan pembacaan database secara background.
Coba kita langsung menuju ke record terakhir (tombol move last dari navigation button, atau metode movelast), akan terasa waktu sebenarnya access membutuhkan untuk loading data seluruhnya.

aksan kurdin




On 7/1/2011 8:22 AM, Hendra Agestha Hamid wrote:
 

Dear warga Milis,,,

 

Bermula dari obrolan saya dari Mas Aksan untuk melakukan eksperimen sendiri, akhirnya singkat kata saya mendapatkan ide dari situ utk melakukan eksperimen2 lain (Thanx Mas Aksan… )

 

Saya buat suatu BE (db2.mdb) dgn  mengambil Northwind sbg sumber datanya, dengan bantuan Querry Append akhirnya saya bisa membuat data yg banyak sekali pada sebuah Table Order, hingga mencapai 215000 lebih record, Untuk meringkas cerita saya, terciptalah 88 Tabel Northwind di BE db2.mdb. Saya namakan BE ini BE1 sehingga :

 

BE1 = db2.mdb (berisi 88 Tabel, pada salah satu Tabel order mempunyai 215040 record)

 

Kemudian BE1 (db2.mdb) tsb saya transfer ke MySql, singkatnya sehingga menjadi :

 

BE2 = db2_MySql (adalah DB MySql yang berisi 88 Tabel hasil ekspor db2.mdb, pada salah satu Tabel order mempunyai 215040 record)

 

kemudian saya buat 2 FE utk melink masing2 BE diatas, yaitu :

 

FE1 =  NWLink_Mdb.mdb.(berisi 88 Link Tabel dari BE1) --- Link Tabel to mdb type.

FE2 = NWLink_MySql.mdb (berisi 88 Link Tabel dari BE2) --- Link Tabel to MySql type (ODBC)

 

pada masing2 FE saya buat 2 Form, yg pertama Form "Order3" yaitu untuk menampung data pada Tabel Order3 yang berisi 215040 record.

Kemudian Form kedua yaitu Form "Query3" yang menampung data dari Query3 yaitu hasil SELECT tabel2 : Order3, Customer3, Employee3, Shipper3 sehingga akhirnya pada Query3 tsb berisi 215040 record dan 45 Field…(pokoknya saya coba se"brutal" mungkin deh …).

 

Berikut hasil eksperimen2 saya ( LT = Link Tabel to…)

1. Experimen Besar File FE :

FE1 (LT to mdb), besar file 400 KB, sedangkan FE2 (LT to Mysql) besar file 2,39 MB atau 6 kali FE1.

 

2. Experimen kecepatan buka masing2 FE :

Saya gak punya stopwatch, tapi percayalah… FE1 (LT to Mdb) lebih cepat (berkali2 percobaan).

Hanya saja disini tdk ada perbedaan mencolok, pokoknya tetep sama2 cepat Cuma FE1 lebih cepat (sekejap malah).

Hal yg menarik dari hasil eksperimen saya ini adalah saya betul yakin sekarang Link Tabel hanya bersifat koneksi tidak meload data dan tidak membuat Tabel temporary pada waktu File dibuka. Jadi dengan sangat bahagia saya berpendapat Link Tabel oke punya deh…(mudah lagi … hehehe).

 

3.Eksperimen kecepatan buka Form yang berisi record2:

Langsung saja saya pada bagian yg terbrutal pada percobaan ini yaitu membuka Form "Query3" pada masing2 FE. (Query3 sbg Source Form "Query3" berisi 215040 record dan 45 Field), hasilnya :

Form "Query3" di FE1 (LT to mdb) kecepatan : sekejap ! (tdk ada waktu tunggu)

Form "Query3" di FE2 (LT to Mysql) kecepatan ….. ??? komputer hang setiap kali coba dibuka..!

 

Dari ketiga eksperimen saya diatas mungkin tidak salah kalo saya berpendapat FE Access lebih baik gunakan BE Access juga, entah kalo FE lain.

Mohon para master2 bisa memberi comment atas eksperimen2 saya ini, terutama dimana letak kekurangan eksperimen saya,,,sehingga saya mungkin salah mengambil kesimpulan.

Masalah model transfer data tidak saya lakukan disini, Mas Aksan sudah melakukannya dan bisa dilihat hasilnya pada email2 sblm ini…(kalo hal ini memang Access kalah), kelemahannya adalah Access mengirim semua data baru difilter di FE.

Untuk rekan2 bisa mencoba2 sendiri, ini saya sertakan semua file2 yg saya buat kecuali BE2…mohon di semuanya extract di MyDocument\Downloads


Note : Please Master bisa comment demi hasil kesimpulan yang benar setidaknya buat saya ...

 

Regards

Hendra

 

 

 

 

 

 

 

Saya kesulitan menuliskan eksperiman saya disini , jadi saya sertakan saja BE1 dan FE1 I attachment, saya yakin rekan2 akan lebih mengerti dari pada saya jelaskan disini.

 


__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar