Senin, 25 Februari 2013

Re: Bls: [belajar-access] Sumif dua kriteria dengan range kriteria di kolom yang sama

 

terima kasih, bpk.

--- On Thu, 2/21/13, monas monas <jaken_05@yahoo.co.id> wrote:

From: monas monas <jaken_05@yahoo.co.id>
Subject: Bls: [belajar-access] Sumif dua kriteria dengan range kriteria di kolom yang sama [1 Attachment]
To: "belajar-access@yahoogroups.com" <belajar-access@yahoogroups.com>
Date: Thursday, February 21, 2013, 7:47 PM

 


Salam sdr Nana
apakah kasus tersebut harus diselesaikan dengan rumus  sum if ?
jika berkenan ini saya lampirkan balik file anda yang telah saya serrtakan satu sheet baru ( sheet1)
yang berisi ya... kurang lebih seperti yang anda inginkan
saya gak paham excel dengan detail , tapi saya tau dikit mengenai Pivot table di excel yang sangat powerfull
saya coba pake pivot table , dan Alhamdulullah ketemu jawabnya, tanpa rumus, hanya beberapa klik dan drag drop
monggo di coba , dan di atur ssuai kebutuhan
semoga berkenan

Dari: Dunia Naana <dunia.naana@yahoo.com>
Kepada: belajar-access@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 21 Februari 2013 10:39
Judul: Re: [belajar-access] Sumif dua kriteria dengan range kriteria di kolom yang sama

 
waduuuhh, mohon maaf juragan, kenapa jadi nanyanya salah kamar ya, mau nanya excel nyasar ke access, heeeehe...

tapi gapp deh, sapa tau malah implementasinya bisa di ms. access

--- On Mon, 2/18/13, Dunia Naana <dunia.naana@yahoo.com> wrote:

From: Dunia Naana <dunia.naana@yahoo.com>
Subject: [belajar-access] Sumif dua kriteria dengan range kriteria di kolom yang sama [1 Attachment]
To: "balajar access" <belajar-access@yahoogroups.com>
Date: Monday, February 18, 2013, 11:18 PM

 
Assalamualaikum All.

saya mau tanya untuk melakukan sumifs dua kriteria dalam range kriteria yang sama bagaimana jurusnya ya...

Saya memiliki sumber data seperti gambar dibawah ini



Pada gambar dibawah misalnya, saya akan menjumlahkan nilai nominal dari BARANG dengan criteria "GULING", seri dengan criteria "IF", barang = Guling, CODE dengan criteria "CN", maka saya menggunakan fungsi sumifs sebagai berikut.
 
=SUMIFS(SUMBER!$E$3:$E$30;SUMBER!$D$3:$D$30;"CN";SUMBER!$B$3:$B$30;"IF";SUMBER!$C$3:$C$30;$A4)
Sampai pada criteria terakhir "Telpon" di kolom barang, maka ketika saya jumlahkan akan mendapatkan nilai yang sama dengan memfilter seri = IF, code = CN (seperti contoh yang saya lampirkan di file sumifs.xlsx).


Yang menjadi masalah adalah ketika saya ingin mencari nilai nominal dari BARANG dengan criteria "GULING", seri dengan criteria "IF dan SP" dan CODE dengan criteria "CN", saya mencoba menggunakan fungsi seperti dibawah ini;
=IF(AND(SUMBER!$B$3:$B$30="IF";SUMBER!$B$3:$B$30="SP");SUMIFS(SUMBER!$E$3:$E$30;SUMBER!$D$3:$D$30;"CN";SUMBER!$C$3:$C$30;$A4);0)
 
Harapannya jika serinya memiliki criteria IF dan SP saja, maka akan menjumlahkan nominal pada barang dengan criteria guling, ternyata formula yang saya buat tidak bias/ tidak sama dengan filter seri = IF dan SP, barang = Guling, code = CN.
 
Pertanyaan: apakan memang kasus saya diatas tidak bisa di selesaikan dengan menggunakan fungus sumifs seperti yang saya buat, jika tidak bisa, mohon bantuannya untuk saya mencoba menggunakan formula yang lain atau fungsi macro.

saya sampaikan juga lampiran file excel yang sudah saya coba
 
Terima kasih.
 
Nana


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar