Senin, 16 Mei 2016

Re: [belajar-access] Desain Aplikasi PBF

 

Pak Fajar, yang jelas ada konsep bisnis yang perlu Bapak pahami :

1. PBF (Pedagang Besar Farmasi) adalah sebuah perusahaan dagang, dimana sifat perdagangannya adalah B2B (Business to Business).

2. Apotik, dilain pihak, adalah perusahaan dagang, dimana sifat perdagangannya adalah B2C (Business to Consumer), jadi melayani pelanggan secara langsung.

Dari perbedaan sifat diatas, meskipun sama-sama jualan obat (kasarnya gitu), tapi tehniknya berbeda. Saya coba berikan contoh disini :

a. Dalam Apotik, Bapak pasti akan menemui kasus obat racikan. Nah ini asli bikin pusing saya sejak dahulu dan tidak bisa menemukan penyelesaian yang tuntas. Dimana sebuah obat (atau bahan obat) dibuka dan diracik secara khusus.Sayangnya bahannya (selalu) tersisa. Masalahnya, apakah akan dihitung sebagai sisa (waste) atau bagaimana ? Business Process ini tidak pernah ketemu jawabannya

b. Apotik, sistem pembayaran cuma dua, tunai dan kredit. Untuk kredit, sekarang dimudahkan dengan payment Gateway dari Mandiri atau BCA.

c. PBF, sebailknya, 95% pasti Kredit. Dan akan ada tenor 3, 5, 7 hari bahkan 14 atau 30 hari. Akibatnya akan ada laporan piutang yang belum tertagih. Selain itu , wajib ada laporan arus kas bank.

d. PBF, akan ada disparitas harga. Pasti itu, pelanggan (apotik) yang sudah langganan, selalu beli banyak, akan dapat potongan lebih. Pada penjualan eceran alias B2C, tidak akan ada disparitas harga

Nah, saran saya, mulailah membuat bagan alur, dan temukan "business process" dari PBF yang bersangkutan.

Airlangga (cgsatu)
Surabaya


From: "safety_zone1@yahoo.com [belajar-access]" <belajar-access@yahoogroups.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, May 17, 2016 5:28 AM
Subject: [belajar-access] Desain Aplikasi PBF

 
Pagi All,
Para master, saya mau tanya. Apakah perbedaan aplikasi apotek dengan pbf )pedagang besar obat). Apakah ada yg pernah mengimplementasikannya? Barangkali bisa share skrinsut hasil pengembangannya agar tergambar.

Terima Kasih
Best Regard,
Fajar



__._,_.___

Posted by: CGSATU <cgsatu@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)

Upgrade your account with the latest Yahoo Mail app
Get organized with the fast and easy-to-use Yahoo Mail app. Upgrade today!

SPAM IS PROHIBITED

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar