Rabu, 25 September 2013

Re: [belajar-access] Belajar Query dan Tabel

lakukan dua kali query:
query pertama, urutkan berdasarkan NIK, Mata Pelajaran, tglUpdate

lalu dari query ini kita buat query baru, yang mengambil last nilai dari tgl update, nilai ujian, dan udate nya.


query pertama (query3)




query kedua (query4):

 


Coba periksa sekali lagi....
apakah seperti itu ?


aksan kurdin

On 9/25/2013 4:00 PM, jay kur wrote:
Terima kasih banget Kang Aksan,
 
Saya telah mencoba dan berhasil,
 
Apa yang diterangkan sesuai dengan apa yang saya inginkan, Memang data aslinya tidak ada jam dan tanggal; tetapi saya melihat ada data lain yaitu  tanggal update hasilujian sebagai berikut
 
updatedata tglupdate
0 20/04/2013 1:21
1 30/04/2013 2:30
 
Bagaimanakah menggunakan aggregate max/min; atau adakah metode lain selain itu
 
Trims
 
 
From: aksan kurdin <aksan.kurdin@gmail.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, September 25, 2013 2:00 PM
Subject: Re: [belajar-access] Belajar Query dan Tabel
tabel daftarpeserta tidak dalam kondisi normal, sehingga tidak memenuhi kaidah RDBMS, syarat mutlak Database model di Access. pecahkan field data siswa ke dalam field2 baru. setelah itu, hidup anda di access akan jauh lebih mudah. untuk hidup susahnya gunakan cara ini: buat query berikut: SELECT     daftarpeserta.Sekolah,     daftarpeserta.Kelas,     daftarpeserta.Datasiswa,     split_kan([datasiswa],0) AS NIK,     split_kan([datasiswa],1) AS Nama,     split_kan([datasiswa],2) AS Alamat,     split_kan([datasiswa],3) AS Hobi FROM daftarpeserta; ada fungsi custom split_kan(frase, indeks) yang akan memecah infromasi dalam kolom datasiswa berdasarkan pemisah ";". buat public function ini di vbe: Function Split_Kan(frase As String, index As Integer)     Dim a     a = Split(frase, ";")     Split_Kan = a(index) End Function hasilnya: jawaban untuk pertanyaan kedua, saya kembali bertanya: apa kriteria data terakhir ? lebih baik jika anda menambahkan satu field tanggal yang berisi tanggal berapa di update, jika perlu dengan jam dan menit. setelah itu baru bisa di gunakan agregate max/min di select query. dari data jika saya gunakan agregate last, hasilnya tidak seperti yang anda inginkan, karena saya pun tidak paham yang bagaimana yang anda sebut terakhir. saya gunakan last untuk mengambil 'terakhir', hasilnya: aksan kurdin On 9/24/2013 11:45 AM, Zee Hudzaifah wrote:
 

Assalamu 'alaikum para suhu access
 
Mohon bantuannya apabila saya mempunyai data tabel sebagai berikut :
Sekolah  Kelas  DataSiswa   (NIK;Nama;Alamat;Hobi)
SMA 1    0001;Sapri Arifin;Jl. Komodo 5, Jakarta 10210;Bulutangkis
SMA 1 II 0002;Niar Zulmar Hasibuan;Jl. Kasuari 7, RT. 005 RW 006 No. 31 Bekasi 17510;Renang
Dimana  type Field Sekolah adalah Text, typeField Kelas adalah Text dan type Field datasiswa adalah Memo
yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara membuat Query dengan hasil 
NIK  Nama Hobi Sekolah Kelas
0001  Sapri Arifin Bulutangkis SMA 1 I
0002   Niar Zulmar Hasibuan Renang SMA 1 II
Pertanyaan kedua adalah apabila saya mempunyai datahasil ujian dimana update data akan memunculkan
nilai baru dan data lama tidak terhapus seperti dalam  table yg saya lampirkan
saya ingin membuat Query hanya data terakhir yang muncul di report
NIK Mata Pelajaran Nilai Ujian updatedata
0001 FISIKA 900 1
0002 FISIKA 850 0
0003 FISIKA 900 1
0004 FISIKA 850 0
0005 FISIKA 900 1
Terima kasih atas bantuan para suhu
Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar