Senin, 27 Maret 2017

Re: [belajar-access] MS Access Workshop

 



Mantap! :-)
 
----- Original Message -----
Sent: Monday, March 27, 2017 11:29 AM
Subject: [belajar-access] MS Access Workshop

 

Apa itu Workshop

Ternyata banyak juga calon peserta yang masih ragu apakah akan ikut MS Access Workshop atau tidak.

"Workshop" berbeda dengan "Training"

Pada kegiatan "Training", pelatih telah menyediakan modul atau materi dan peserta dibimbing untuk mengerjakan latihan-latihan yang disediakan. Dengan cara ini, peserta belajar dengan mengerjakan latihan, atau "Learning by Doing". Di sini peran pelatih adalah membantu peserta yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan, atau memberi petunjuk bagaimana mengerjakan latihan secara efektif dan efisien, memberi informasi kemungkinan-kemungkinan hambatan yang akan dihadapi dan cara mengatasinya. Pada Training, pelatih memberi contoh dan peserta mengikutinya.

Pada "Workshop", peserta sudah dianggap memiliki keahlian yang dibutuhkan. Instruktur akan memberikan "case", dan peserta diajari atau ditunjukkan cara untuk memecahkan case tersebut. Peserta juga bisa mengajukan "case" untuk dibahas dan dipecahkan bersama.
Di sini peran instruktur adalah menunjukkan cara jitu atau "best practice" untuk memecahkan case, memberikan ide-ide serta informasi situasi yang akan dihadapi.

Jadi perbedaan "Training" dan "Workshop" adalah pada materi yang dibahas. Pada Training, materi sudah disiapkan dan peserta belajar dari materi tersebut. Pada Workshop, peserta justru diajak memecahkan case yang aktual dalam pekerjaan, baik itu case dari instruktur maupun case dari peserta. Belajar dan diskusi pada Workshop menjadi lebih intens dan peserta mendapatkan ide, inspirasi, dan trik jitu untuk memecahkan case.

Wah saya kurang PD dengan kemampuan saya. Bisa nggak saya mengikuti Workshop?

Workshop bukanlah sebuah ujian yang jika anda tidak bisa akan dihukum! Kalau anda tidak bisa berkontribusi memecahkan case, paling tidak anda ikut menyaksikan bagaimana case tersebut dipecahkan, mendapatkan ide-ide dan inspirasi, dan mengetahui caranya.

Kemampuan atau kemahiran apa yang harus saya punyai?

Persyaratannya hanyalah anda pernah mencoba membuat aplikasi MS Access, dan telah merasakan "kesulitan" sehingga anda perlu tambahan "energi" (berupa ide-ide dan petunjuk) untuk melakukannya secara lebih baik.

Adanya persyaratan ini agar diskusi bisa "nyambung", sehingga instruktur tidak perlu lagi mengulang materi training Basic dan Programming ketika membahas case (untuk mengefektifkan waktu).

Workshop juga bisa menjadi sarana anda untuk mengukur kemampuan. Tunjukkan hasil karya anda dan dengarkan kritik dan saran dari instruktur dan peserta lain.

Let's Workshop!

__._,_.___

Posted by: Nino <ninoguevara@gmail.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.

SPAM IS PROHIBITED

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar