Rabu, 16 Mei 2012

Re: [belajar-access] bingung mengenai combo box di Ms.Access

 


aslm pak kuncara mohon dikirimkan link untuk bisa saya downlod progam access sql server yang bapak pernah lis di email access kompoter saya hang jadi semua data tidak dapat di ambil lagi mohon bantuan terimakasih 

From: Kuncara Arief <kuncara.arief@yahoo.co.id>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 25, 2012 6:56 PM
Subject: RE: [belajar-access] bingung mengenai combo box di Ms.Access

 
Dear Saudara Krishna,
 
Saya coba bantu ya.. mudah2an interpretasi saya terhadap permasalahan nya bener nih..
Intinya kan ketika Saudara akan bikin form inputan data pemeliharaan ketika akan mengisi Field lokasi A maka yang keluar hanya motor2 yg sudah didefinikan di tablenya..
 
Pertama2 seh bikin combobox untuk Field LOKASI dengan
Row Source type diisi Table
Row Source diisi SELECT ID, Lokasi From  Lokasi
Column Count = 2
Column Width = 0cm;1cm
List Width = Auto
Kemudian dievent after update ketikan (dengan asumsi combobox untuk Field LOKASI sudah dibikin ya..)
Me.Lokasi.requery
Selanjutnya di combobox Lokasi
Row Source type diisi Table
Row Source diisi SELECT ID, Lokasi From  Data Motor Where Lokasi = & Forms!NamaForm!Lokasi
Column Count = 2
Column Width = 0cm;1cm
List Width = Auto
 
Jika sudah demikian ketika Anda pilih lokasi event afterupdate akan berjalan dan akan me REFRESH isi combobox sesuai dengan lokasi nya..
Mudah ga ada yg terlewat ya.. oh iya pastikan field Lokasi di table Data Motor mempunyai tipe data yang sama, krn saya liat anda me-link dengan ID ditable Lokasi
Tentunya field nya harusnya Number ya.. J
 
Ok smoga sukses ya..
 
 
From: belajar-access@yahoogroups.com [mailto:belajar-access@yahoogroups.com] On Behalf Of Krishna
Sent: 24 Januari 2012 13:55
To: belajar-access@yahoogroups.com
Subject: [belajar-access] bingung mengenai combo box di Ms.Access
 
 
salam kenal mas-mbak..

aku ada persoalan neh, mengenai combobox...

gini, aku punya 3 table..
table lokasi ==> motor ==> catatan pemeliharaan..
LOKASI (tabel nenek) ==> MOTOR (tabel IBU)==>Catatan pemeliharaan (tabel anak)..
lokasi, parrents dari motor.. (1 lokasi bisa punya banyak motor..)
motor, parrents dari catatan pemeliharaan (1 motor, kan bisa dipelihara lebih dari 1x :D)..

nah.. di tabel catatan pemeliharaan, ada field LOKASI sama MOTOR..
di tabel MOTOR, ada field LOKASI..

kira2 tabelnya spt pd gambar berikut

gambar relationship ^_^ 

nah.. aku bingung buat relationsip LOKASI di tabel CATATAN PEMELIHARAAN.. setiap relationship type field-nya : combo box..

aku pengennya sih ketika aku pilih lokasi A, hanya motor2 di lokasi A saja yang keluar di combo box tabel catatan pemeliharaan..
misal lokasi pabrik, punya motor supra sama jupiter x..
lokasi rumah punya motor vega sama revo..

aku pengennya-di table catatan pemeliharaan- ketika aku pilih pabrik, yg keluar HANYA motor supra sama jupiter x.. ^_^


kl di tabel catatan pemeliharaan, field LOKASI (type combo box), raw sourcenya aku ambil dari tabel lokasi field LOKASI (type text)... (tabel neneknya lah..) aku bingung nyambungin ke tabel motor (tabel ibunya), supaya sesuai dgn spec yg aku ingin... jika pilih lokasi pabrik, yg keluar hanya motor jupiter x dan revo..

kl di tabel catatan pemeliharaan(tabel anak), field LOKASI (type combo box), raw sourcenya aku ambil dari tabel motor field LOKASI (type combo box juga)... aku sudah berhasil buat Meng-update Combo Box berdasarkan Nilai Combo Box lain pada MS Access 2010 nya.. dari tutorial di link itu..

tapi dalam case ku yg keluar malah ID lokasinya, bukan text tempat lokasinya dimana...

ada yg bisa bantu ga???

makasih banget buat yg bantu ^_^
 


__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar