Kamis, 19 Mei 2011

Re: [belajar-access] corrupt (compact&close)

 

Perlu dicatat, compact adalah membentuk file baru dengan menyalin obyek2 database yang masih aktif digunakan (table/query/form/report/modul/macro), lalu menghapus database aslinya.
Compact perlu dilakukan untuk 'mengecilkan' kembali ukuran database yang membengkak.
Pembengkakan biasanya terjadi dari operasi 'action query' seperti append dan delete, ataupun dari proses modifikasi form/report.

Operasi tabel yang berupa penghapusan record sebenarnya hanya memberikan flag 'deleted' pada record tersebut, tetapi badan tabelnya sendiri tidak dihapus, sehingga database tidak 'mengecil'.
Dengan proses compact, hanya record yang aktif yang akan dibawa ke database baru, sedang yang 'deleted' tidak. Akibatnya seolah-olah ukuran database menjadi berkurang, bahkan bisa drastis.

Modifikasi form/report dengan penambahan image pada background, logo, atau pun lainnya ikut berperan membengkakkan database size, semakin banyak kontrol image yang dipakai, semakin besar ukuran database. Dan untuk kasus ini, proses compact tidak akan berpengaruh pada pengecilan size.

Yang saya sarankan adalah lakukan compact seperlunya setelah anda membackup database terlebih dahulu. Tidak perlu setiap kali close database otomatis melakukan compact.

Aksan Kurdin

On 5/20/2011 9:38 AM, Asoy wrote:

 

deal all my master

Aplikasi sy kemarin menemui masalah (corrupt) yg mungkin disebabkan krn sy melakukan fungsi otomatis compact&repair yg telah disediakan o access;
1. adakah contoh script untuk melakukan compact secara otomatis ketika kt keluar aplikasi.
2. Seandainya ada apakah kemungkinan error yg terjadi.

tks


__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar