Selasa, 26 Maret 2013

Re: [belajar-access] Re: Contoh App Acces-XML

 

Tidak kebayang kalau ms access bisa web base, dengan kecepatan access data menandingi PHP, benar-benar mimpi yang jadi kenyataan. Aamiin

Dengan bahasa inggris saya yang pas-pasan beberapa kali saya googling, cukup banyak contoh mengambil data dari web hosting menggunakan vba diexcel, yang bisa diterapkan di access, namun sejauh ini saya baru bisa menjalankan code hasil copas belum bisa mengembangkan untuk keperluan aplikasi access saya.

Nurhasim Hasan


From: hari yanto <har_i20002000@yahoo.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 26 March 2013 12:15 PM
Subject: Re: [belajar-access] Re: Contoh App Acces-XML

 
Benar Mas Agung... PHP itu punya beberapa kelemahan. Salah satunya kita bisa variable yang dikirim. Kelemahan ini, kita kunci dengan meletakkan pada folder yang sudah kita tetapkan. Dan tidak bisa dibuka. Dibukanya hanya lewat Ms Acces-XML. Kita manfaatkan kecepatan hasil koneksi PHP.
 
Misal begini. Maaf ini agak OOT, tapi masih berhubungan. Kita hosting ke salah satu provider. Pada folder public (htdocs), kita beri pesan under construction. Ini untuk mengelabuhi user. Terus, kita buat folder baru (misal kk) di dalam htdocs itu: kita beri index yang isinya under construction, dan  file-file lain yang kita kita gunakan untuk Ms Acces-XML. Sehingga user tidak tahu, file-file apa saja yang ada di dalam folder kk.
 
Ini salah satu pilihan kita menutupi source code php, dan shanya bisa dieksekusi lewat Ms Acces-XML dengan kecepatan sama dengan kita membuka web.
 
Saya mencoba mengembangkan Form Ms Access dinamis. Disebut dinamis, karena kita create form melalui VBA, yang source codenya kita ambil dari data yang berada di server web. Sama kayak kita mengenerate menu dari database di PHP.
 
Jadinya, untuk melakukan perombakkan Ms Acces, kita tidak perlu meminta user untuk mengganti Ms Access dengan yang baru. Kita cuma meminta user menutup Ms Access,  kemudian membuka kembali: form-form akan terupdate dengan sendirinya.
 
Sepertinya, lebih enak bila kita buka topik baru: Dimanic Form. Kita create apapun via VBA di form.
 
Semoga bisa memberi semangat.
 
Hariyanto (Surabaya)


--- On Tue, 26/3/13, Agung <agunghend2001@yahoo.com> wrote:

From: Agung <agunghend2001@yahoo.com>
Subject: [belajar-access] Re: Contoh App Acces-XML
To: belajar-access@yahoogroups.com
Date: Tuesday, 26 March, 2013, 3:39 AM

 
Wah.. mantab tuh Cak Har..

tapi sepengetahuan sy karena code mirip HTML, sy sering dgn mudah meng-"obok-obok" variable yg sudah disetting di dalamnya.
Mungkin kalau bisa di"bungkus" lagi lebih aman mungkin ya Cak Har?
seperti kode PHP yg bisa di"bungkus" sehingga bila kita masuk lihat source-code pun yg tampil hanya kode numerik dan huruf yg tdk ada artinya

btw sy mau coba meng-explor spt si Peepi the explorer deh :-D

Agung Hend

--- In belajar-access@yahoogroups.com, hari yanto <har_i20002000@...> wrote:
>
> Bismillahirohmanirrohim...,
>  
> Terlampir contoh aplikasi Ms Acces-XML.
>  
> Saya letakkan Ms Acces sebagai interface (antar muka). Komunikasi data menggunakan XML, hampir mirip dengan aplikasi Javascript di HTML. Datanya berada di server pihak lain. Aplikasi ini bisa dikembangkan untuk proses update atau insert data di server lain.
>  
> Keunggulannya, proses pengambilan data lebih cepat dibandingkan komunikasi via IP. Atau meletakkan Ms Acces di swf file. Bentuk datanya, bisa Ms Acces atau database lainnya.
>  
> Semoga bermanfaat dan menjadi ide mengembangkan Acces lebih jauh.
>  
> Hariyanto (Surabaya)
>



__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (25)
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar