Rabu, 30 Januari 2013

Re: Bls: [Bulk] Re: [Bulk] Re: [belajar-access] crosstab query

 

Terima kasih byak Pak Sukiono & Pak Edy atas bantuannya. maaf baru bisa blas karena jangkauan internet di daerah saya yang kurang bersahabat.
Untuk sementara saya akan pelajari dulu apa yang sudah di berikan, mohon bimbingannya seandainya ada pertanyaan lanjutan ya..


Ronny S


From: Mas Uki <uqmas@yahoo.com>
To: "belajar-access@yahoogroups.com" <belajar-access@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, January 30, 2013 8:29 AM
Subject: Bls: [Bulk] Re: [Bulk] Re: [belajar-access] crosstab query

Salam hangat semua,

Setelah beberapa waktu off karena fokus ujian di kampus, sekarang bisa on lagi, setuju dengan p Edi, menggunakan Pivot di Access sangat membantu, bahkan yang saya buat hampir 70% format laporan langsung dari Pivot, hanya masalahnya tidak dapat memberi keterangan seperti judul atau keterangan lain, solusinya pivot langsung bisa diexport ke Excel, baru sedikit dipercantik untuk dicetak.
 


Best Regards,


Sukiono
PT. Kumala Kencana Cipta
www.kumalahome.com


Dari: MBA <murid.belajaraccess@yahoo.co.id>
Kepada: belajar-access@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 29 Januari 2013 23:12
Judul: Re: [Bulk] Re: [Bulk] Re: [belajar-access] crosstab query

di Microsoft Access ada fasilitas Form Pivot Table.  Mirip sekali denga Pivot Table Excel.




coba di eksplorasi mas.


On 29-01-2013 22:04, Belajar Access wrote:
 
Pak Edy, terima kasih banyak atas responsnya ..

Mohon maaf sebelumnya karena saya harus mengirimkan kembali database yang ada sebagai contoh, soalnya database yang pertama ada sedikit kesalahan, saya juga mengirimkan hasil yang di inginkan dalam bentuk excellnya.

Jadi secara umum dapat di simpulkan :

1. untk Row yang di pakai adalah field "account" dan "type"
2. untuk colom yang di pakai adalah field "wilayah"
3. Valuenya adalah field "amount"

Dan untuk criterianya adalah sebagai berikut :
1. field "Type" yang di ambil adalah "321" and "789"
2. Field "description" yang di ambil adalah "bagian a" and "bagian c"
3. field "period" yang di ambil adalah tanggal 01/01/2012 sd 31/01/2012

Sekali lagi terima kasih untuk bantuannya


Ronny S




From: MBA <murid.belajaraccess@yahoo.co.id>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, January 29, 2013 10:06 PM
Subject: Re: [Bulk] Re: [belajar-access] crosstab query

Saya coba melihat dari field yang ada.
Crosstab membutuhkan minimal 3 field yaitu satu sebagai column_heading, satu sebagai row_heading dan satu lagi sebagai value. untuk row_heading bisa di tambahkan field lainnya sesuai kebutuhan.
contoh dari query sampeyan.


hasilnya adalah sbb:




naah. coba sampeyan jelaskan bentuk laporan yang diinginkan seperti apa.

baru kita coba konstruksikan query crosstabnya.
jadi pertama buat secara umum dulu untuk semua, baru jika diperlukan criteria kita bisa tambahkan belakangan.


salam hangat dan jabat erat,

Edy Wiyono



On 29-01-2013 20:46, Belajar Access wrote:
 
Teman2 semuanya, adakah yang dapat membantu kasus saya ini ?

Terima kasih banyak atas bantuannya,

Ronny S


From: Belajar Access <belajar.access@yahoo.com>
To: "belajar-access@yahoogroups.com" <belajar-access@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, January 27, 2013 12:53 PM
Subject: [belajar-access] crosstab query [2 Attachments]

 
Dear all, mohon bantuannya dong, saya baru saja belajar access. yang ingin saya tanyakan adalah masalah crosstab querry.
Pertanyaan sya adalah sbb :

1. dalam crosstab query ini, ada 3 field yang saya akan gunakan criteria.namun pada waktu di run kenapa hasilnya kosong ya ?
2. untuk criteria tanggal saya memakai between [start date] and [end date] tapi kenapa gak bisa di run ya ? apakah untuk criteria seperti 
    ini memang gak bisa unutk crosstab querry ya ?
3. kenapa field nya jadi ganda ya ? jadi ada 3 field yang saya mau sortir, tapi setelah di pasang criterianya, pada saat liat di querynya, ternyata
    field2 tersebut sudah tergandakan

Note. kalau boleh kasus saya ini tidak menggunakan VB dulu ya para master, berhubung saya masih tahap belajar
          Databasenya udah saya sertakan

Terima kasih banyak untuk bantuannya.











__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (7)
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar