Kamis, 09 Mei 2013

Bls: [belajar-access] Pengelompokan Data dg Combo Box [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from Mas Uki included below]

Assalamu'alaikum P. Asep,


Coba sedikit membantu semoga berkenan:
Silakan buka dulu file yang saya sertakan (saya kompres pake rar).

Prosesnya adalah:
(Maaf email saya tidak dapat menempelkan gambar, saya pake Access 2007)
1. Saya gunakan prinsip Master Tabel dan Sub Tabel, disini masternya TABLE_1 dan Subnya TABLE_2
2. Agar menjadi master dan sub, harus dilakukan relasi, menu Database Tools-Relationship.
3. Setelah relasi dibuat, input datanya (lewat datasheet lebih mudah = dobel klik pada nama tabel TABLE_1).
4. Pada Form (disini Form1), letakkan control combobox dengan nama MAP dan SETOR.
5. Data MAP diambil dari TABLE 1, data SETOR diambil dari Query (disini QueryPilih), dimana pada QueryPilih pada kriteria Kd_Pajak diambil dari inputan combobox MAP).
6. Agar tiap kali mengganti pilihan MAP dan isi pilihan SETOR berubah, tambahkan macro AfterUpdate dengan merefresh/requery combobox SETOR (STOR.Requery).
6. Maaf saya kurang pinter menulis dengan baik, langsung buka-buka filenya.

Untuk master access yang lain, monggo dikoreksi.

 


Best Regards,


Sukiono
PT. Kumala Kencana Cipta
www.kumalahome.com


Dari: Asep SUryana <asuryana@astra-agro.co.id>
Kepada: belajar-access@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 15:50
Judul: [belajar-access] Pengelompokan Data dg Combo Box

 
Assalamu'alaikum Wr Wb

Salam jumpa kembali nich para pakar Access
Mohon Pencerahannya...
Begini... saya punya 2 Tabel yaitu TABEL_1 dg Field (Kd_pjk dan Nm_pjk) dan untuk TABEL_2 dg Field (MAP, Jenis_Pajak, Kode, Jenis_setoran) didala TABEL_1 datanya adalah :

Kd_Pajak              Nm_Pajak
4111                        PPh Minyak Bumi
4112                        PPh Gas Alam
4113                        PPh Lainnya dari Minyak Bumi
4114                        PPh Migas lainnya

dan didalam TABEL_2 datanya :

MAP             Jenis_Pajak                               Kode             Jenis_Setor
4111             PPh Minyak Bumi                    100               PPh Minyak Bumi
4111             PPh Minyak Bumi                    200               STP
4111             PPh Minyak Bumi                    300               SKPKB
4112             PPh Gas Alam                         100               PPh Gas Alam
4112             PPh Gas Alam                         200               STP
4112             PPh Gas Alam                         300               SKPKB
4113             PPh Lainnya dr Minyak Bumi  100               PPh Lainnya dr Minyak Bumi
4113             PPh Lainnya dr Minyak Bumi  100               STP

Contoh tabel diatas adalah data-data yang dikelompokkan dg MAP yg dimapping dari Kd_Pajak pd TABEL_1.
Disamping TABEL_1 dan TABEL_2 saya juga buat TABEL_MASTER yang digunakan untuk proses Input data dg Field (No_Reg, Nm_PT, Kd_Pajak, dan Kd_Setor) dan untuk proses inputnya saya buatkan FORM Input.
Dari Proses input tersebut yg saya inginkan adalah setelah saya Input Kd-Setor (dg COMBO BOX) dari TABEL_1, misal Kd_Pajak : 4111, maka saat saya akan input Kd_Setor yang muncul di COMBO BOX adalah hanya kelompok data MAP :411 dari TABEL_2 baru saya pilih KODE : 100, 200 atau 300. untuk data KODE bisa jadi sama, namun JENIS_SETOR nya berbeda karena sudah dikelompokkan dg kode MAP, misal KODE : "100" dg Kode MAP : "4111" berbeda JENIS_SETOR nya dengan KODE : "100" dg kode MAP : "4112".
Yg saya tanyakan adalah Bagaimana cara mengelompokkan Field "KODE" dr TABEL_2 dengan Key Kd_Pajak dari Tabel_1 yg dijalankan dg COMBO BOX.

Demikian permasalahnnya, mohon pencerahan dari para pakar.

Wassalam,
Asep Suryana



__._,_.___

Attachment(s) from Mas Uki

1 of 1 File(s)

Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar