Jumat, 05 April 2013

Re: [belajar-access] Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)

 

Bismillahirohmanirohim....,
 
Saya memakai mdb (acces 2003), belum bisa membantu secara langsung pada sasaran. Namun akan coba memberi gambaran... 
 
 

--- On Fri, 5/4/13, DODI CROSSANDA <dodicrossanda@yahoo.com> wrote:

From: DODI CROSSANDA <dodicrossanda@yahoo.com>
Subject: [belajar-access] Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) [1 Attachment]
To: "belajar-access@yahoogroups.com" <belajar-access@yahoogroups.com>
Date: Friday, 5 April, 2013, 3:20 PM

 
Dear milister,

Ada 3 poin yang ingin saya sampaikan di sini:

1. Sesuai dengan janji saya dulu, berikut adalah aplikasi database CRM yang telah saya buat dengan meng-compile beberapa contoh program kecil dan source code VBA dari beberapa forum. Sejak bulan Januari 2013 hingga sekarang masih digunakan di kantor sekaligus dalam tahap pengembangan hingga penyempurnaan.

2. Mengingat jumlah informasi yang semakin berkembang jumlahnya setiap hari, maka saya mencoba membuat BackEnd di MySQL server lokal sebagai trial sebelum memindahkannya ke hosting online.Untuk penggunaan di komputer sendiri dengan koneksi ODBC, proses migrasi ke MySQL berhasil. Namun saat form aplikasi  (FrontEnd) saya bagi ke komputer lain di jaringan, gagal.Begitu juga saat saya membuat koneksi ke MySQL di hosting juga gagal. Saat ini saya menggunakan Access 2007.
Pertanyaannya:
- Bagaimana caranya agar tabel(SQL-BackEnd) di hosting terkoneksi dengan form (Access-front end) yang sudah saya buat seperti yang ada dalam attachment ini?
 
Seperti yang Sampeyan sampaikan. Koneksi dari FE Ms Access ke BE MySql bisa memakai ODBC, dengan syarat:
- Komputer user sudah terinstall MySql Connector (J Connector)
- ODBC Komputer user sudah pula tersetting. Bila menggunakan Start > controlPanel > Administratif tool > lalu setting ODBC, maka semua komputer user harus disetting serupa.
 
Makanya, saya lebih suka membuat koneksi sendiri via VBA dengan script di module:
 
Option Explicit
Public conn As New ADODB.Connection
 
Public Function connToDB(ServerName As String, _
   UserName As String, userPass As String, _
   dbPath As String, dbName As String)
Dim strCon As String
    On Error GoTo errHandle
   
    strCon = "DRIVER={MySQL ODBC 5.1 Driver};SERVER=" _
    & ServerName & ";DATABASE=" & dbName & ";" & _
    "UID=" & UserName & ";PWD=" & userPass & ";OPTION=16426"
    Set conn = New ADODB.Connection
    conn.Open strCon
    Exit Function
errHandle:
    MsgBox "SERVER SEDANG TIDAK AKTIF", , "NON AKTIF"
    conn.Close
    Set conn = Nothing
    Exit Function
End Function
Function koneksi()
    connToDB "localhostAtauIP", "IsiDenganUserName", "IsiDenganPasswordMySql", 3306, "IsiDenganNamaDatabase"
End Function
 
Dengan begitu, saya hanya menginstall J Connector di komputer user. Tidak perlu mensetting ODBC. Untuk melakukan koneksi ke Database MySql tinggal memanggil fungsi Koneksi.
 
Bila koneksi OK (ditunjukkan oleh nilai conn tidak sama dengan 0), kita menggunakan sql untuk mengambil data dari database MySql.
 
- Apakah ada cara lain agar BackEnd Access bisa diakses ke komputer lain melalui internet tanpa hosting? Sebagai catatan bahwa komputer di kantor saya tidak menggunakan Windows NT/ server sebagai OS di server, melainkan hanya menggunakan OS Win XP biasa.
 
Soal server, sejatinya tidak masalah. Bisa berbasis OS Windows. Bisa pula yang lain.
 
Apakah yang dimaksud BE Ms Acces ataukah FE Ms Acces? Simulasi-nya kemungkinan akan seperti ini:
 
1. BE dan FE Ms Access. Server (windows). Menggunakan LAN. ==> Aplikasi beserta database di taruh di server. Share folder. Gunakan FE bersama-sama.
 
2. Masih pakai LAN, bila ingin menampilkan data dalam bentuk internet ==> instalasi PHP dan berbagai perlengkapannya di Server. Database Ms Access tetap bisa digunakan dan ditampilkan via PHP. Cara membukanya http://localhost
 
Bila FE Ms Acces ditaruh di folder htdocs/contoh (tempat localhost/contoh) dan dibuka (misal http://localhost/contoh/db1.mdb ==> kita akan mendownload file itu. Sehingga bila kita buka db1.mdb dan kita otak-atik, tidak akan merubah http://localhost/contoh/db1.mdb
 
Jalan keluarnya, bisa menggunakan Ms Access-XML. Ms Access kita perlakukan sebagai FE. BE tetap Ms Access. Komunikasi data menggunakan PHP (LAN).
 
3. Ini sudah barang tentu berbeda bila FE Ms Access BE MySql. Komunikasi data menggunakan ODBC (baik manual maupun diletakkan di VBA). Bila LAN, lebih enak pakai IP. Sedangkan kalau hosting, bisa gunakan XML.
 
***
 
Hosting, itu mirip kayak kita sewa server pada pihak lain yang sudah memiliki IP Public. Atau, bisa juga kita letakkan server kita di pihak lain. Ini namanya co-locotion. Keunggulannya, kapasitas server, tergantung kita sendiri. Hanya saja, biaya sewa lebih mahal.
 
Apakah server di kantor kita misalnya bisa public-kan? Tergantung pada apakah tersedia IP Public static pada jaringan internet untuk upstream.
 
Untuk mengeceknya, bisa ditanyakan ke provider. Kenapa harus static, karena kita ingin menetapkan IP server. Kalau berubah-ubah, tentu kita akan mengalami kesulitan dalam menentukan jalan.
 
Nah, bila provider menyampaikan tersedia IP Public static, kita harus mensetting modem sehingga bisa diakses dari luar (upstream).
 
***
 
Wah, kalau ngomong terus akan kepanjangan ya....
 
Semoga bisa membantu dan memberi semangat.
 
Hariyanto (Surabaya)
 

Mohon bantuan dan masukan untuk perbaikan dari para suhu di sini agar aplikasi ini bisa semakin lebih baik. Terima kasih atas perhatiannya.

Dodi Crossanda

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar