Rabu, 18 April 2012

Re: [belajar-access] Re: Menjalankan access lewat web

 

Ya saya juga merasakan program access di web tersebut
lambat sekali ya, walaupun sudah memakai ISP Speedy...

Salman Hasan


--- Pada Ming, 8/4/12, Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com> menulis:

Dari: Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-access] Re: Menjalankan access lewat web
Kepada: belajar-access@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 8 April, 2012, 9:16 PM

 

He..he.., review dari Aa' Lusky dibawah sangat membantu pemahaman yang lebih luas, kayaknya perlu dibahas lebih dalem lagi nih Sharepoint VS Aplikasi Aa' Lusky ntar di Kopdar ...... Oke all, ditunggu kehadiran rekan2 semua di edisi spesial Kopdar : "Access Go Online", tiket terbatas, apalagi kursinya ... Segera dapatkan karcisnya di www.rumahaccess.com ....
 
Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi
http://imopi.wordpress.com/
----- Original Message -----
Sent: Monday, April 09, 2012 10:39 AM
Subject: Re: [belajar-access] Re: Menjalankan access lewat web

siaapppp kumendan...
hi..hi... salam hormat utk suhu-ku :)

sy langsung menanggapi saja ya :

1. Teknologi yg diterapkan ini memiliki sejumlah perbedaan, keunikan bahkan kesamaan. Memang benar, apa yang telah diujicoba oleh kang opi ini. User tidak bisa nge-print dan copy data bin export sembarangan. Berarti teknologi ini benar - benar SECURE bukaaaannn???? Kita tidak perlu khawatir akan pencurian data oleh spying eyes. Bahkan kita bisa menerapkan user privilege dan otoritas user sesuai dengan jenis data yang kita berikan. Tidak perlu semua user bisa mengakses dan melihat semua data ? selain tidak efisiensi, hanya akan menambah beban dari sistem.

Pertanyaannya, bagaimana tentang data interchange dan document printing ??? Teknologi ini memfasilitasi hal itu. User dapat melakukan document printing pada PC mereka dengan mudah dan seperti biasanya bekerja dengan printer. User pun dapat melakukan export dan import data untuk keperluan mereka. Untuk keperluan portable storage, hal ini pun sepertinya tidak ada masalah sedikitpun. Karena ini berbeda dengan konsep online pada umumnya.

Teknologi ini benar - benar menawarkan keuntungan yang luar biasa diantaranya :

1. Tidak perlu menulis ulang kode program atau pun melakukan penyesuaian script pada PC yang berbeda
2. Tidak perlu repot - repot migrasi software dari versi lama ke versi baru (sorry all, bukan berarti ga setuju pake 2010. sy sendiri sdh mulai mengembangkan aplikasi dg 2010 walaupun 2003 tetap dipegang. Tapi kita tidak boleh menutup diri terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi. Update tetap perlu dipelajari dan penting).
3. Tidak perlu stress dalam melakukan extra maintenance. Kegiatan maintenance dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Setelah itu kita bisa main catur or pimpong ya kan pak ? :D
4. Tidak ada istilah instalasi lagi pada PC user. Kita tinggal instalasi di host saja. Kecuali untuk bbrp user yang memang kita berikan level khusus.
5. Untuk menjadikan aplikasi ini online hanya butuh waktu kurang dari 5 menit.... (saingan dengan car wash niyyy...)
6. Teknologi ini terbukti benar - benar SECURE tidak ada duanya..(hi..hi... setidaknya sampai saat ini loh..)
7. Cara kerja teknologi ini sebenarnya pengembangan dari teknologi remote desktop/logmein dan sejenisnya. Hanya saja user dimudahkan akses melalui browser sehingga memungkinkan untuk bekerja secara mobile. Nah, klo udh mobile begini kan bisa report... dari starbuck kita bisa main catur sambil ngontrol stok dan aktifitas sistem yang lainnya... Liburan anda pun terasa enak... terutama untuk global company.
8. Kita bisa men-setting umur program. Maksudnya, kita bisa tentukan berapa lama program ini dapat di akses secara online oleh publik? Dari 4 contoh program yang sudah saya jadikan prototype, saya bisa melakukan Turn OFF sehingga user tidak lagi dapat menggunakannya. Setting ini bisa kita lakukan manual atau pun otomatis sesuai schedule yang kita pilih.



Dibalik keuntungan atau kelebihan diatas ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan bila akan menggunakan teknologi ini diantaranya :

1. Teknologi ini sudah menerapkan Cloud Computing. Sehingga kita tidak mengetahui dengan pasti dimana path ini disimpan. Tetapi kita tetap bisa mengakses file masternya untuk backup dan maintenance. dont worry
2. Lalu lintas terbaik untuk menggunakan teknologi ini berada pada Server Texas. Kecuali jika kita mau membuat server sendiri. Tentu berbanding lurus dengan cost yang harus dikeluarkan.
3. User bisa terhindar dari pemakaian License software per PC, tetapi dikenakan license pd user aktif pengguna program. Yaa, hanya USER AKTIF yang bisa melakukan document printing dan export import data. Ketentuan ini sebenarnya lebih menguntungkan dari sisi user karena tidak perlu membayar semua license, tetapi cukup user aktif yang di daftarkan saja.
4. Layaknya sebuah aplikasi online pada umumnya, bahwa bandwith menjadi hal yang perlu dipertimbangkan kembali untuk kecepatan akses data

Nah, bukankah sekarang sudah lebih jelas perbedaan kinerja online teknologi ini dengan perkawinan access + mysql, access + sharepoint ???

Salam,

Lusky Kurniawan




Pada 9 April 2012 09:46, Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com> menulis:
 

Berhubung masih banyak unek2 & rasa penasaran, saya ingin berbagi dengan Aa' Lusky dan juga teman2 :
 
1. Access familiar dengan data reporting. Bila dengan sharepoint, data bisa langsung di print ke printer lokal maupun network. Untuk aplikasinya Aa' Lusky, saya coba klik File -> Print, yg keluar daftar printer yg ada di web server, not local printer in my PC or my network place.
 
2. Access familiar dengan data analisys, saya coba export data ke excel data table tbllogin ke excel. Saya cari tidak ada menu Eport Data. Terpaksa gunakan Ctrl+C dan Ctrl+V di Excel, saya copy sebagian data yang nama usernya "anti", kemudian saya paste di Excel, namun yg muncul "Dear Mas Hadis, tolong dikirimkan contoh output txt nya, biar sekalian.". Berarti ini adalah data memori sebelumnya, berarti tidak ngaruh penekanan tombol Ctrl+C di layar web.
 
3. Dengan sharepoint, tidak hanya Access yg bisa ambil datanya, namun Excelpun bisa, dsb. Artinya, file tersebut bukan tersimpan di satu file MDB, tapi di web server, persis seperti bekerja di SQL Server. Maka bila tersimpan di MDB, data file MDB tersebut harus di copy seluruhnya ke flashdisk bila memang ada keperluan pemilik program hendak update data/program, atau sekedar cek data, atau analisis data, atau print, dll. Bila semakin besar data, semakin lama pula copy file MDB nya.
 
Aplikasi Aa' Lusky seperti penggunaan Ms Access secara online, dimana file MDB dibuka langsung di PC Web Server oleh Microsoft Access, kemudian segala yg tampil dilayar monitor di PC Web Server direkap dengan Print Screen, kemudian data gambar dikirim ke PC User melalui internet dengan bantuan Adobe Flash Player. Persis seperti LogMeIn atau aplikasi remote desktop. Dengan Sharepoint, karena data sumber tersimpan diserver, user bisa bebas export, analisis dan reporting data secara langsung di PC nya masing-masing.
 
Hmm.. ini hanya review dan analisis saya yah bos, boleh disanggah atau ditambahkan.. saya tunggu review dari rekan2 dan Bos Lusky .....
 
Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi
http://imopi.wordpress.com/
----- Original Message -----
Sent: Monday, April 09, 2012 8:45 AM
Subject: Re: [belajar-access] Re: Menjalankan access lewat web

Subhanallah walhamdulillah....
 
MANTABBBB GANNN LUSKY Aplikasinya ! Saya coba masuk ke sptweb.tk, saya kaget emang beneran itu Access, di tampilan paling atas ada tulisan SA_SPT.MDB. Walau background dibelakangnya Flash, tapi saya yakin itu Access, seakan-akan file MDB tsb dibuka langsung melalui Flash, sebab saya coba login menggunakan user name Lusky dan password yang benar, ternyata bisa masuk! Tapi bila passwordnya salah, muncul pesan error. Ini berarti program tersebut bukan sekedar flash, tapi benar2 bekerja, dan itu adalah Ms Access... Ini adalah solusi Ms Access via Web... Makasih Bos atas sharingnya.
 
Perbedaan aplikasi Mas Lusky dengan share point terletak di front end saja. Aplikasi Mas Lusky, 1 front end, 1 back end, multi user di seluruh dunia yg bisa konek ke internet. Sharepoint, masing2 user harus diinstall front end nya. Selain itu, disisi installasi, lebih lama sharepoint daripada apliaksinya Mas Lusky. Persamaannya: Keduanya sama2 ngga gratis, he..he...
 
Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi
http://imopi.wordpress.com/
----- Original Message -----
Sent: Sunday, April 08, 2012 9:47 PM
Subject: Re: [belajar-access] Re: Menjalankan access lewat web

Alhamdulillah... dg teknologi ini saya sudah dapat memberikan support yang lebih dari yang mitra harapkan.. bahkan tidak jarang hingga saat ini masih ada yg menjadi santri dipadepokan saya... baik dari kalangan swasta maupun dari instansi pemerintahan (BUMN) dan sejenisnya..

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah mendampingi seorang siswa sekaligus menjadi mitra terbaik saya dari PT. PLN Persero (Jakarta Unit) dalam pengelolaan manajemen aset (Asset Management) dan Insya Allah bbrp proyek lain yg sedang dibidik. Konon kabarnya, bahwa program yang dibuat oleh mitra saya tersebut, menjadi salah satu program terbaik yang belum ada dan belum sempat dipikirkan oleh instansi tersebut. Kabar terbaru, bahwa program tersebut sudah di presentasikan se-JAWA dan BALI. Dan insya Allah, jika bernasib baik kemungkinan akan menjadi prototype se-Indonesia. Namun, hal lain yang menggembirakan ternyata, rekening saya jadi bertambah pula atas rasa syukur dan senang dari sang mitra... :)

Disisi lain, seorang santri (mitra) saya  dari DJBC (Direktorat Jenderal Bea & Cukai), Alhamdulillah telah mengimplementasikan kombinasi High Securing Application pada aplikasi yang dibuat dan telah pe-de dalam presentasi dan sosialisasi instalasi program tersebut utk unit - unit terkait tanpa harus gelisah dan gelisah.. meskipun saya menyadari bahwa diatas langit masih ada langit.. dibalik security yang kita buat terdapat kemungkinan celah ketidak-amanan. Namun, dengan menerapkan konsep "Bertahan & Merusak", rupanya sekuriti ini dirancang sebagai stresing bagi yang usil. So, jika memang sudah tidak mencintai data dan sistem, silahkan saja di-usilkan.. :)

Ups.. maaf ya mas bro semua.. bukan ujub niyyy.. cuma ada kesenangan tersendiri ketika kita bisa berkontribusi dalam memberikan solusi jitu, simple dan menarik... dan rasa puas itu ada ketika kita bs masuk dalam lingkup instansi pemerintah seperti PLN, Telkom, Komisi Yudisial, DJBC, PEMDA dsb. And then, bagi rekan - rekan yang serius mau menjadi santri ditempat saya, kuatkan tekad dan kesungguhan... harus berjuang melawan waktu, jarak dan biaya. Namun, semua itu insya Allah akan terbayar dengan hasil yang didapat dan dirasakan. :D

Dan satu hal lagi.. saat ini saya sedang mengerjakan aplikasi FMS (Flock Management System) untuk para peternak ayam bertelur yang melingkupi : pakan, vaksin, populasi, produksi, de el el. Saya ga pernah kepikiran sebelumnya jikalau ternak ayam dapat kita kelola dg program aplikasi. Sejujurnya masih blank.. n blank... Dan Alhamdulillah, sekarang saya sudah memiliki Grand Design dari sistem tersebut.. hmmmm.. benar - benar peluang baru...



Salam,

Lusky Kurniawan



Terus terang, saya sebagai owner SOLUSIACCESS Indonesia (www.solusiaccess.wordpress.com

Pada 8 April 2012 08:41, Andi Ali <aliandi05@yahoo.com> menulis:
 

WOW.... KREEN... Sangat mencengangkan....
sampe ga bisa bilang apa2...

membuat semangat untuk belajar access semakin menggebu-gebu....
kebetulan saya punya projek di kantor saya yang sementara ini tengah berjalan yaitu Aplikasi data asset...
hanya satu kekurangan karena interfacenya belum bisa Online, hanya databasenya aja yang Online..

sebenarnya pengen banget ikut Kopdar. 1000% ingin ikut. tapi waktu yang tidak bisa mengijinkan. seandainya ada akomodasi dari kantor untuk ikut kopdar,, mungkin akan sangant menggembirakan bagi saya.

tapi apapun itu,, saya cuman berharap apa yang didapat nanti di Kopdar,, bisa di share lewat belajar-access@yahoogroup.com ini. kami tunggu aplikasi masa depan Access go Online. intinya cara mengonline kan nya itu sangat kami tunggu-tunggu..

Best regard
Andi Ali
PT PLN (Persero) Area Garut.


From: privat access <les.access@gmail.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Saturday, April 7, 2012 11:52 PM
Subject: Re: [belajar-access] Re: Menjalankan access lewat web

 
coba lihat prototype saya : (SAPI) :
1. sptweb.tk (contoh utk menu multiuser)
2. accessblogger.tk (contoh access tampilan spt blogger)
3. pustaka-online.tk (contoh pengumpulan data / data collecting.. sgt cocok utk pekerjaan antar site)
4. inventoryweb.tk (contoh transaksi inventory secara online.. template punya MSI)

semua program yg saya buat MURNI ACCESS 2003...

Kesimpulan sementara saya : bahwa semua versi access bs kita online-kan.. bahkan mobile access via android pun ga ada masalah..

info lebih lanjut kunjungi  web saya di : http://solusiaccess.wordpress.com/2012/03/06/microsoft-access-go-online/

salam,

Lusky Kurniawan



Pada 7 April 2012 06:46, Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com> menulis:
 
Ikutan nimbrung ya, saya juga penasaran akan aplikasi access via web ini, apa saja, fasilitasnya, dll...

Makanya sy dan temen dikantor (Mas Tri Widodo) daftar kopdar di microsoft tgl 19 apr 2012. Buat Mas Andi dan temen2 semua, ayo segera daftar kopdar, insya Allah akan dibahas ms access go online...

12 Hari Lagi Menuju Kopdar Access di Microsoft, ayo buruan daftar...

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://imopi.wordpress.com/


--- In belajar-access@yahoogroups.com, CGSATU <cgsatu@...> wrote:
>
> Kalau maksudnya database MS Access sebagai database dari web-based application semisal ASP 3.0, ASP.NET dan PHP tentu bisa!
>  

> Meski pakai Access versi 97 hingga 2010 BISA!
>  

> Kalau maksudnya tanpa susah payah membuat aplikasi dengan ASP 3.0, ASP.NET dan PHP, silakan mencoba Access dengan SharePoint. Sayangnya cuma bisa Access 2007 dan 2010 (serta versi setelahnya - katanya Office 15)
>  
> Lebih jelasnya silakan ke :
>  
> http://www.youtube.com/watch?v=xl2TYxriMmg&feature=related
>  
> dan ke
>  
> http://office.microsoft.com/en-us/access-help/introduction-to-integrating-data-between-access-and-a-sharepoint-site-HA010131463.aspx
>  
> Semoga membantu
> cgsatu (Elang)
>  
>
>
> ________________________________
> From: Andi Ali <aliandi05@...>

> To: "belajar-access@yahoogroups.com" <belajar-access@yahoogroups.com>
> Sent: Friday, April 6, 2012 9:32 PM
> Subject: [belajar-access] Menjalankan access lewat web
>
>
>
>  
>
> para suhu" sekalian...
>
> mau nanya lagi nih,,... Apakah aplikasi yang dibuat dari microsoft access versi apa aja, bisa dijalankan dengan menggunakan web, atau dengan kata lain apakah access bisa dijalankan menggunakan Mozilla atau IE...
>
> mohon penjelasannya...
>






__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar