Jumat, 13 April 2012

Re: [belajar-access] Cara menguasai program warisan

 

Kok aneh ya, saya rasanya sudah balas topik yang ini kok tidak sampai. Tapi gak apa, saya balas ulang saja.
 
Yang jelas, ini kasus yang menarik :) asli menantang. Jadi kalau saya menjadi Pak Gatot, saya akan lakukan sbb :
 
1. Pertama-tama saya akan berusaha mengenali dahulu proses bisnis (Business Process) yang terjadi pada perusahaan. Ini penting agar kita, selaku yang akan memelihara aplikasi kenal, baik aplikasi dan proses bisnis yang terjadi. Menggambarkan proses bisnis dalam bentuk diagram alur (Flow Chart) adalah wajib! Saya sarankan Swimlane Diagram agar nampak alur bisnis dan siapa yang mengerjakannya.
 
2. Setelah mengetahui semua proses bisnis yang terjadi, langkah saya selanjutnya adalah "membakukan" proses bisnis tersebut menjadi SOP (Standard Operation Procedure) . Tentu hal ini harus dengan persetujuan dari pihak Manajemen. Jadi memang tidak bisa bekerja sendiri.
 
3. Langkah berikut adalah melakukan inventaris, misalnya aplikasi A untuk menjalankan pembelian bahan baku misalnya, aplikasi B untuk mencatat persediaan bahan baku, dsb. Jadi kita buat daftarnya termasuk siapa yang biasa mengoperasikannya.
 
4. Nah, sekarang langkah terakhir. Langkah pemeliharaan. Dengan mengenal proses bisnis dan semua aplikasi yang ada, kita bisa melakukan pemeliharaan semisal : mungkin menggabungkan database (atau bahkan aplikasi) pada beberapa bagian, menambahkan feature pada beberapa aplikasi, dsb.
 
Yang jelas, semua langkah diatas tidak bisa kalau dikerjakan sendiri dan harus ada restu dari pihak Manajemen. Kalau dua hal itu tidak terpenuhi, saya yakin keinginan dari Pak Gatot tidak akan terpenuhi.
 
cgsatu (Elang)
From: Gatot Subroto <gatot@bakrie-tosanjaya.co.id>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 13, 2012 11:48 AM
Subject: [belajar-access] Cara menguasai program warisan

 
Dear Team Access
 
Saya mendapat tugas untuk me maintain program access yang sudah berjalan.  Kalau satu atau dua program mungkin lebih mudah dipetakannya.  Tetapi kalau puluhan bahkan ratusan program yang terkait pada semua bagian di perusahaan, ini menjadi masalah besar untuk saya.
Saya mohon nasehat dari para pakar Access, sebaiknya saya mulai dari mana : memetakan semua tabel dan linknya, alur process, query, macro atau yang mana???  Belum lagi masalah VBA yang rumit.
Saya ingin menguasai program-program tersebut dengan baik, sehingga mudah untuk trouble shouting, modifikasi maupun mengembangkannya.
 
Atas bantuannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.
 
Regards
Gatot Subroto


__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar