Jumat, 13 April 2012

RE: [belajar-access] Cara menguasai program warisan

 

Wah, ini adalah kasus yang menarik dan penuh tantangan :)

Ok Pak Gatot, anggaplah yang terjadi di lapangan seperti yang Bapak ceritakan. Jika saya menjadi Bapak, dengan kondisi saya " buta " mengenai aplikasi yang ada maka :

1. Saya akan berusaha memahami proses bisnis yang ada terlebih dahulu. Menggambar diagram alur untuk tiap proses adalah sangat membantu.

2. Setelah mengetahui proses bisnis yang ada serta mendapatkan diagram alurnya. Saya sarankan agar " dibakukan " menjadi sebuah SOP ( Standard Operations procedure) yang ada dilapangan.

3. Berbekal SOP kita mulai " berkenalan " dengan tiap aplikasi yang ada. Misalnya aplikasi A ternyata untuk mengerjakan tugas mencatat pembelian. Aplikasi B untuk mencatat persediaan bahan baku, dst sampai semua aplikasi bisa didefinisikan berdasarkan SOP yang kita punya.

4. Baru setelah kita " mengenal " SOP dan semua aplikasinya kita sebagai professional TI bisa melakukan tindakan pemeliharaan. Entah menggabungkan beberapa aplikasi menjadi satu, atau merubah feature yang ada pada aplikasi, dsb.

Itu masukan dari saya :)

Cgsatu ( Elang )

Sent from my Sony Ericsson Aspen™



From: Gatot Subroto <gatot@bakrie-tosanjaya.co.id>
Sent: Friday, April 13, 2012 11:48 AM
To: belajar-access@yahoogroups.com
Subject: [belajar-access] Cara menguasai program warisan

 

Dear Team Access

 

Saya mendapat tugas untuk me maintain program access yang sudah berjalan.  Kalau satu atau dua program mungkin lebih mudah dipetakannya.  Tetapi kalau puluhan bahkan ratusan program yang terkait pada semua bagian di perusahaan, ini menjadi masalah besar untuk saya.

Saya mohon nasehat dari para pakar Access, sebaiknya saya mulai dari mana : memetakan semua tabel dan linknya, alur process, query, macro atau yang mana???  Belum lagi masalah VBA yang rumit.

Saya ingin menguasai program-program tersebut dengan baik, sehingga mudah untuk trouble shouting, modifikasi maupun mengembangkannya.

 

Atas bantuannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

 

Regards

Gatot Subroto



[The entire original message is not included]

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar