Rabu, 04 April 2012

[belajar-access] Re: Refresh (VBA)

 

Dear Mas Sam,

DoCmd.DoMenuItem acFormBar, acRecordsMenu, 5, , acMenuVer70 sama dengan DoCmd.RunCommand acCmdRefresh atau DoCmd.RunCommand acCmdRefreshData, berfungsi untuk melihat perubahan data pada record yang sedang terbuka saat itu di form, namun tidak dapat melihat penambahan dan penghapusan record. Adapun requery berfungsi untuk melihat perubahan data plus dengan penambahan dan penghapusan record. Karena itu, saat kita ingin melihat penambahan data pada suatu combo box, kita gunakan requery, bukan refresh. Bila sedang bekerja di form, jangan gunakan requery, sebab nanti dia akan menuju record ke 1, sehingga kita akan kehilangan jejak, record mana yang sedang kita kerjakan tadi. Jadi untuk melihat perubahan data pada current record, kita gunakan refresh.

Adapun bila ada control yg berubah hendak kita refresh juga, gunakanlah Repaint. Kemudian bila ada rumus atau kalkulasi yang hendak di refresh, kita gunakan Recalc. Namun Access sekarang sudah cukup cepat dalam refresh rumus, sehingga tidak perlu menggunakan Recalc.

Dari semua metode refresh diatas, yang sering saya gunakan adalah DoCmd.RunCommand acCmdRefreshPage untuk refresh data pada current form, meliputi refresh hasil kalkulasi dan subform juga. Satu perintah untuk semua refresh, terkecuali untuk combo box, saya gunakan requery.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi
http://imopi.wordpress.com/

--- In belajar-access@yahoogroups.com, sam duhay <samduhay@...> wrote:
>
>
> Salam Sukses Untuk semua teman-teman Access ist
>
> untuk me Refresh form , saya mengunakan 3 kode pilihan 
>
> 1.   DoCmd.DoMenuItem acFormBar, acRecordsMenu, 5, , acMenuVer70
>
> 2.   DoCmd.RunCommand acCmdRefresh
>
> 3.   Me.Requery
>
>  Apakah ke 3 kode tersebut memang sama
> saya pernah pengalaman pada form memang sama tetapi pada form lain ada yg berfungsi dan tidak
>
> Saya berharap teman teman Access ist dapat memberi pemahaman
> terima kasih
>

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar