Kamis, 12 April 2012

[belajar-access] Re: Cara menguasai program warisan

 

Bila sekarang programnya sudah berjalan dengan baik, tidak masalah. Namun jika ada problem, ketika berganti tahun, ketika ada parameter baru, ketika terjadi perubahan peraturan di perusahaan yang menyebabkan program harus dimodifikasi, itu baru menjadi masalah.

Yang paling mengetahui algoritma dan flowchart adalah programmer dan staf sistem analisis. Apabila seorang diri harus maintenance database sebanyak itu, maka saran saya, minta pihak management untuk approve penambahan staf yang bisa bantu Anda untuk maintenance database. Kemudian pelajari algoritma dan flowchart masing2 program. Untuk pelajari VBA tidak perlu diprioritaskan, karena VBA hanya media bantu. Adapun yang paling utama, cara kerja dan alur program database itu sendiri.

Teman2 ada masukan lainnya?

--- In belajar-access@yahoogroups.com, "Gatot Subroto" <gatot@...> wrote:
>
> Dear Team Access
>
>
>
> Saya mendapat tugas untuk me maintain program access yang sudah berjalan.
> Kalau satu atau dua program mungkin lebih mudah dipetakannya. Tetapi kalau
> puluhan bahkan ratusan program yang terkait pada semua bagian di perusahaan,
> ini menjadi masalah besar untuk saya.
>
> Saya mohon nasehat dari para pakar Access, sebaiknya saya mulai dari mana :
> memetakan semua tabel dan linknya, alur process, query, macro atau yang
> mana??? Belum lagi masalah VBA yang rumit.
>
> Saya ingin menguasai program-program tersebut dengan baik, sehingga mudah
> untuk trouble shouting, modifikasi maupun mengembangkannya.
>
>
>
> Atas bantuannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.
>
>
>
> Regards
>
> Gatot Subroto
>

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar