Rabu, 12 Oktober 2011

Bls: [belajar-access] Table

 

maaf ikutan .....
mas..., emang agak kurang jelas yg di inginkan

1. kalau sub form emang ditujukan hanya sebagai list tampilan aja dan bukan sebagai detail dari header kenapa ya , mas kok pakai sub form gak pakai list box aja ? kan lumayan gak banyak form nantinya ukuran database juga gak besar.
2. Sub form ambil record source dari query "Waiting" , kan jelas query gak bisa di update , kenapa gak ambil dari tabel "Data" ?
3. Mas nya ini suka tebak2an pada sub form properties Data entry = yes , itu bukan spy bisa input data dg record source dari query (no 2), ini bisa lihat di help nya kok untuk jelasnya.
3. Pd sub form sepertinya ingin menampilkan data waiting list berdasarkan kriteria kalau finished (Date) ada isinya maka jangan tampilkan pd sub form (gimana kalau pakai model no 1)
4. Mas ingin input data , edit data di Header atau di sub form ? kalau ingin edit & tambah data di sub form lalu apa tujuan buat headernya ya ?
5. Bisa kasih keterangan ini sub form sbg detail header atau list ? kalau lihat field sama sptnya sbg list benar ya ?
5. Kalau sebagai list dan pakai model no 1 bisa dg code sbb :

pada ListBox :

Private Sub List_Click()
Me.Filter = "abc = Forms![Form1]![List]"
Me.FilterOn = True
End Sub

Salam,
~ Sioon ~


Dari: Ahmad Satiri <satiri27@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-access@yahoogroups.com" <belajar-access@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 12 Oktober 2011 12:54
Judul: Bls: [belajar-access] Table [1 Attachment]

 
Terima Kasih mas Haer Talib atas Feed Backnya.
1. Kalau kita pakai Query, bukankah data yang ter"sort" adalah data yang ada pada Query? Dan data pada Table tidak akan ter"sort"?
Sedikit cerita, saat ini saya sedang membuat Barcode yang datanya saya ambil dari nomor seri dan telah saya buatkan dengan Access (Membuat Form dengan 2 TextBox). Sedang Software U/ membuat barcodenya hanya membaca data pada Table, tidak bisa ambil dari Query / Report.

2.Saya Lampirkan Filenya untuk lebih jelas dan Home Fun bisa cepat selesai.
Pada dasarnya saya ingin meng-Update data pada SubForm (di Field : Finished (Date)), karena SubForm yang saya buat tidak bisa di-Update (Kenapa Ya?), lalu terpikirkan oleh saya ide ketika saya Click name, data yang akan saya Update akan muncul dari Table untuk saya menginput pada Field Finished (Date).
Ataukah SubForm bisa dibuat untuk mengUpDate data? Settingan pada Propertiesnya? Atau VBA?

Kurang lebih seperti itulah maksud saya. Dan apabila ada kata - kata yang kurang jelas saya mohon maaf dan akan coba saya perjelas lagi.
Dan sekali lagi saya ucapkan banyak Terima Kasih atas Inputannya dan semua ilmu yang saya dapat dari Group ini.

Salam,


Ahmad Satiri


Dari: Haer Talib <haertalib@gmail.com>
Kepada: belajar-access@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 12 Oktober 2011 11:03
Judul: Re: [belajar-access] Table

 
1. Pakai query, criteria nya mis: Tanggal = Date()

2. Maksudnya untuk apa ya field diklik lalu muncul data dari record yang sama?

Haer


2011/10/12 Ahmad Satiri <satiri27@yahoo.co.id>


Selamat Pagi Semua,
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.

Langsung aja, ada yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah Data pada Table bisa kita munculkan sesuai dengan yang kita inginkan? (Mis. saya ingin yang tampil hanya data hari ini saja. Untuk data yang telah lalu akan terHide.) Caranya bagaimana ya...?
2. Bagaimanakah caranya / VBAnya, apabila ketika saya mengclick pada salah satu Field di SubForm (Data Sheet. Mis : Field Name), Otomatis langsung muncul data pada table dan berada pada Record yang sama Namenya?
Saya pernah menemukan VBAnya pada group ini, seperti yang tertulis di bawah ini:

On Error GoTo PesanError
Dim db As DAO.Database
Dim rs As DAO.Recordset

Set db = CurrentDb()
Set rs = db.OpenRecordset("Data", dbOpenDynaset)
rs.FindLast "[Name]=" & "Name.Value & " '"

If rs.NoMatch Then
MsgBox "Data memang belum pernah diisi !", vbInformation, "Sukses!"
'Tambahkan kode lainnya yang diinginkan disini
Else
MsgBox "Data sudah pernah diisi !", vbInformation, "Hati-hati!"
'Tambahkan kode lainnya yang diinginkan disini
End If

rs.Close
Set rs = Nothing
db.Close
Set db = Nothing

Exit Sub

PesanError:
MsgBox "Terdapat Error, dengan nomor error: " & Err.Number & ","
Resume
End Sub

Tapi Kenapa masih Error ya...?
Apakah caranya bukan seperti ini?

Oh ya, terima kasih atas semua masukannya yang sudah maupun yang ini.
Dan saya berharap rekan - rekan semua tidak bosan untuk selalu memberi ilmu gratisnya kepada saya, karena pastinya akan ada pertanyaan - pertanyaan susulan nantinya.

Salam,

Ahmad Satiri





--


Haer Talib

RumahAccess Indonesia
Tempatnya Belajar Microsoft Access
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event







__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar