Selasa, 05 Juli 2011

Re: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

 

Waduh....topik ini sudah ditutup yah.....koq ndak ada yang nanggepin sama sekali yah? atau mungkin baru pada eksperiment untuk diatas 28 user ?

2011/7/5 Heru Wibowo <heru.wibowo4456@gmail.com>
men-cuplik ...hehee...istilah aja bang Nino....pada salah satu paragraf :
 
Keempat:
Hal lain yang menentukan kecepatan adalah: tingkat optimalisasi kita sebagai
developer dalam mengoptimalkan proses normalisasi database. Rendudancy data
yang rendah dan indexing yang tepat akan sangat berpengaruh pada peningkatan
kecepatan proses.
 
bla..bla..bla....
 
terus terang sangat kagum, 28 user tapi speed masih bagus....kalau bang Nino berkenan....mohon bocoran ilmunya ( saya pake 5 user aja udah lemot)
salah satunya : bentuk normalisasi yang seperti diatas itu gambaranne kayak apa yah ?
maksud saya dari jenis-jenis field pada suatu tabel, hal apa aja yang kira - kira perlu dilakukan indexing, dan yang tabu dilakukan ?
 
Demikian, atas masukan dari bang Nino diucapkan terima kasih.
 
Salam,
HerDja


 
2011/7/5 Nino Guevara Ruwano <nino@astrodigi.com>
 

Link Table mas, dipakai di program penjualan, ke 28 user adalah
kasir/penerima order yang aktif menginput data pembelian.

Rgds,


Nino

----- Original Message -----
From: "Hendra Agestha Hamid" <the_agestha@yahoo.com>
To: <belajar-access@yahoogroups.com>
Sent: Monday, July 04, 2011 12:27 PM
Subject: RE: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

Wah memang beruntung bergabung dengan Milis...nambah terus euy ilmunya
dari
Share rekan2.

Menarik sekali dengan pengalaman Mas Nino yg menemukan BE Access tdk turun
performnya bila dipakai di Jaringan+Multi User,
28 user lagi, hal ini tentu berbeda dari "teori" yg saya baca (lha belum
pernah
nyoba sendiri....) dan juga berbeda dengan pengalaman
dari Mas Heru Wibowo ...Halo mas Heru) yg disampaikan di e mail sebelum
ini...duh tambah pusing hasil pengalaman beda2 nih.. hahaha...
Btw itu yg 28 user koneksinya pakai apa mas..? Link Table atau connection
string..?

Regards
Hendra

________________________________
From: Nino Guevara Ruwano <nino@astrodigi.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Mon, July 4, 2011 9:10:53 AM
Subject: Re: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

Dear Mas Hendra,

Terima kasih atas informasinya, sebagai catatan tambahan dari pengalaman
saya dalam implementasi.

Pertama:
BE MS Access nggak drop karena dipakai oleh lebih dari 1 user kok, saya
sudah implementasikan dalam jaringan yang dipakai oleh 28 user sekaligus
yang semuanya berfungsi sebagai kasir penerima order, hasilnya tetep bisa
jalan secepat kilat.

Kedua:
BE MS Access baru menurun kecepatannya pada record yang sudah puluhan ribu.
Ini terjadi pada program parkir yang sudah saya implementasikan di sebuah
mall di Bogor. Dalam sehari transaksi bisa mencapai ribuan, sehingga ratusan
ribu transaksi bisa tercapai hanya dalam 3 atau 4 bulan saja.

Bisa diatasi dengan membuat program yang menutup transaksi setiap bulannya
dan memindahkan transaksi bulan lalu kedalam database baru yang dijadikan
backup.

Pada client lain yang transaksinya besar, saya pindahkan datanya ke SQL
Server. Hasilnya seperti yang saya sudah sampaikan pada email sebelumnya,
kecepatan load data sedikit menurun (hanya saat awal buka form) tapi stabil
dan tidak perlu compact & repair.

Ketiga:
Compact & Repair. Ini adalah masalah yang jadi krusial dan menurut saya ini
jadi salah satu kelemahan BE MS Access. Karena pada BE yang sudah berukuran
>300MB dalam puluhan kali compact & repair selalu saja ada satu saat dimana
data rusak, entah tidak bisa dibuka atau sebagian data hilang.

Harap masalah ini jadi pertimbangan penting bagi rekan2 yang membangun
system dengan jumlah record besar dan kapasitas besar.

Mungkin harus dibuat experimen tersendiri untuk mencari penyebab utama dan
juga solusi tepatnya. Saat ini saya belum punya cukup waktu untuk
berexperiman disini :)

Keempat:
Hal lain yang menentukan kecepatan adalah: tingkat optimalisasi kita sebagai
developer dalam mengoptimalkan proses normalisasi database. Rendudancy data
yang rendah dan indexing yang tepat akan sangat berpengaruh pada peningkatan
kecepatan proses.

Pada sebuah kasus pada client di Tangerang yang sempat saya tangani dengan
engkong access (mas Lusky) kita sempat temukan FE yang dibangun dengan
Delphi yang konon adalah system aplikasi tercepat , ternyata kecepatannya
sangat jauuuuuuuuh tertinggal dengan aplikasi yang dibangun dengan MS
Access, penyebabnya ya itu tadi . . normalisasi yang nggak optimal mas .
.Delphi nggak optimal VS MS Access yang optimal, ya jelas jadi cepetan MS
Accessnya :)

OK mas Hendra, demikian review dan sharing dari saya semoga berguna untuk
anda dan juga warga milis yang lain. Terus berkarya, dan semoga sukses . . .

Regards,

Nino
(www.AstroDigi.com)

----- Original Message -----
From: "Hendra Agestha Hamid" <the_agestha@yahoo.com>
To: <belajar-access@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, July 03, 2011 9:00 AM
Subject: Re: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

Dear Mas Nino,...
Terima kasih Mas Nino, itu bisa saya lakukan karena gak bisa bikin
aplikasinya
... (..), saya betul2 newbie mas...mgkn karena belum pernah pakai
makanya sebelum pakai saya cek and ricek dulu,....
Dibawah ini saya copas hasil browsing saya terhadap perbandingan2 antar BE,
ada
yg comment itu dari MVP SQL Server juga.
Dari semua itu akhirnya saya berkesimpulan akhir : Pakailah BE Access Link
Table
method (utk FE Access) bila itu untuk single user dan tdk
di local station tdk di jaringan, dijamin lebih cepat dan saya sudah
buktikan
sendiri.

Sebab utamanya kenapa jangan dipakai pada jaringan dan multi user adalah Jet
Access pada BE drop bila dipakai lebih dari 1 user (saya gak bisa buktikan
langsung tapi saya percaya banget soalnya yg ngomong para MVP ).
Tapi kemudian satu lagi saya langsung sadar setelah saya baca pengalaman mas
Nino,...dan ini mungkin juga jadi pertimbangan penting yaitu BE Access
harus sering2 di Compact n Repair,,,(setau saya MYSQL dan SQL Server tdk
perlu
ini) ...terima kasih Mas Nino,,,pengalaman Mas bener2 berguna sebagai
pertimbangan lainnya.

Regards
Hendra

Berikut saya copas hasil browsing saya :

I think Albert Kallal's comment is right, and the fact is that if you have
a
single-user app running on a single workstation (Access client with SQL
Server
running on the same workstation as a client), it will quite often be slower
than if the setup on that workstation were Access client to Jet/ACE back
end on
the same machine. SQL Server adds a lot of overhead that delivers no
benefit
when there is no network in between the client and the SQL Server.
The performance equation flips when there's a network involved, even for a
single-user app. If the Access client runs on a workstation, and the SQL
Server
on a server on the other end of a network connection (even a fast one), it
will
likely be faster than if the data is stored in a Jet/ACE file on a file
server.

But it's not a given, in my opinion. It depends entirely on the engineering
of
the application and the excellence of the schema.

Lainnya :
Performance questions are very difficult to
answer up front, because there are so many "it depends". What I can
say, is that if you do this in Access, you should do it in a local
Jet database, not not a linked SQL Server table.

If you ask me to place my bets, I put them on Access for this one.
String processing is not SQL Server's best game.

________________________________
From: Nino Guevara Ruwano <nino@astrodigi.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Sun, July 3, 2011 7:56:32 AM
Subject: Re: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

Dear Mas Hendra,

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas usaha anda dalam melakukan
experimen perbandingan data dengan BE berlainan tersebut. Salut! dan sangat
membantu warga milis dalam membangun database system dikemudian hari.

Sedikit urun pengalaman, saya pernah menggunakan BE MS Access yang kemudian
terpaksa saya pindahkan ke SQL Server karena setelah record mencapai puluhan
ribu (saat itu sudah 38ribu lebih) pengambilan data ke BE MS Access menjadi
lambat, baru agak cepat kembali bila kita melakukan compact and repair pada
BE

Dalam sehari user harus melakukan compact and repair yang memakan waktu
sekitar 5 menitan agar kecepatan tetap bagus, akhirnya saya pindahkan semua
data ke SQL Server dan hasilnya memang SQL server butuh waktu 2 detik lebih
lama untuk menampilkan data tapi stabil, dan user tidak direpotkan dengan
compact and repair berulang2

Bahaya yang timbul dari proses compact and repair adalah kerusakan data,
entah kenapa sampai dengan MS Access 2010 lahir dalam puluhan kali compact
and repair pasti ada aja sekali waktu dimana database rusak, meskipun saya
selalu melakukan backup tetapi masalah seperti ini cukup merisaukan.

Coba mas Hendra uji lagi BE anda dengan beban record 30ribuan mas, mungkin
hasilnya bisa berbeda. Untuk BE MySQL saya belum pernah coba dengan FE MS
Access, biasanya saya gunakan PHP untuk FEnya.

Sekali lagi salut buat mas Hendra yang bersedia meluangkan waktunya untuk
experimen ini, keep going mas . . sukses ya

Regards,
Nino

----- Original Message -----
From: "Hendra Agestha Hamid" <the_agestha@yahoo.com>
To: <belajar-access@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, July 02, 2011 11:02 AM
Subject: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

> Dear warga Milis,...
>
> Mohon maaf, setelah saya ulang2 lagi seluruh hasil eksperimen saya,
ternyata
> untuk membuka Form Source LT to MySQL mau
> terbuka alias tidak hang, cuma butuh waktu agak lama, kemudian move last
juga
> cukup sebentar (move last sekitar 5 detik)
> Yang LT to SQL server buka Form cepat tapi move last lama sekali (sekitar
1
> menit).
> Tapi tetap dibanding keduanya di atas masih lebih cepat yang Source LT to
Mdb,
> baik buka Form maupun move lastnya.
>
> Regards
> Hendra
>




--
HerDja




--
HerDja

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar