Minggu, 03 Juli 2011

Re: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

 

Ikut berbagi pengalaman,
 
Mohon maaf....saya pun masih dalam taraf newbie,...namun sedikit yang cukup mengganggu saya jika FE dan BE murni menggunakan Ms Access jika digunakan secara bersamaan, diakses sampai 5 user, maka akan terasa lambat, berbeda jika diakses kurang dari 5 user secara bersamaan (sebagai gambaran data belum terlalu besar namun memiliki source data yang berbeda ( 2 BE)) dalam 1 FE), oleh karena itu beberapa waktu lalu saya coba untuk 'mengawinkan' Ms. Access sebagai FE dan MySQL sebagai BE, meskipun tidak terlalu signifikan dalam kecepatan manipulate data, namun jika dibandingkan dengan FE dan BE murni Ms Access akan lebih cepat jika memakai metode ke-2 (Ms Access sebagai FE dan MySQL sebagai BE) dan idem dengan pak Nino, terutama untuk mengatasi hal keamanan data, dalam hal ini mencegah terjadinya corrupt.
 
BTW...semua tidak ada yang sempurna, ada plus minusnya, tergantung bagaimana kita menempatkan suatu aplikasi tersebut pada kondisi dan kebutuhan yang tepat.
(hehehe...bahkan script java yang sudah kondangpun akhirnya bisa di sederhanakan dengan teknik JQuery and/or AJAX and/or JSon untuk mendongkrak kecepatan dan tentunya para master programmer akan terus mengembangkan teknik2 yang lain-maaf...berbau OOT pak moderator).
 
Demikian dikit share dari saya....btw saya ikut salut pada Bp Hendra dalam simulasinya, maju terus pak Hendra.
 
Salam sukses,
HerDja.

2011/7/3 Nino Guevara Ruwano <nino@astrodigi.com>
 

Dear Mas Hendra,

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas usaha anda dalam melakukan
experimen perbandingan data dengan BE berlainan tersebut. Salut! dan sangat
membantu warga milis dalam membangun database system dikemudian hari.

Sedikit urun pengalaman, saya pernah menggunakan BE MS Access yang kemudian
terpaksa saya pindahkan ke SQL Server karena setelah record mencapai puluhan
ribu (saat itu sudah 38ribu lebih) pengambilan data ke BE MS Access menjadi
lambat, baru agak cepat kembali bila kita melakukan compact and repair pada
BE

Dalam sehari user harus melakukan compact and repair yang memakan waktu
sekitar 5 menitan agar kecepatan tetap bagus, akhirnya saya pindahkan semua
data ke SQL Server dan hasilnya memang SQL server butuh waktu 2 detik lebih
lama untuk menampilkan data tapi stabil, dan user tidak direpotkan dengan
compact and repair berulang2

Bahaya yang timbul dari proses compact and repair adalah kerusakan data,
entah kenapa sampai dengan MS Access 2010 lahir dalam puluhan kali compact
and repair pasti ada aja sekali waktu dimana database rusak, meskipun saya
selalu melakukan backup tetapi masalah seperti ini cukup merisaukan.

Coba mas Hendra uji lagi BE anda dengan beban record 30ribuan mas, mungkin
hasilnya bisa berbeda. Untuk BE MySQL saya belum pernah coba dengan FE MS
Access, biasanya saya gunakan PHP untuk FEnya.

Sekali lagi salut buat mas Hendra yang bersedia meluangkan waktunya untuk
experimen ini, keep going mas . . sukses ya

Regards,
Nino

----- Original Message -----
From: "Hendra Agestha Hamid" <the_agestha@yahoo.com>
To: <belajar-access@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, July 02, 2011 11:02 AM
Subject: [belajar-access] Revisi Hasil eksperimen

> Dear warga Milis,...
>
> Mohon maaf, setelah saya ulang2 lagi seluruh hasil eksperimen saya,
ternyata
> untuk membuka Form Source LT to MySQL mau
> terbuka alias tidak hang, cuma butuh waktu agak lama, kemudian move last
juga
> cukup sebentar (move last sekitar 5 detik)
> Yang LT to SQL server buka Form cepat tapi move last lama sekali (sekitar
1
> menit).
> Tapi tetap dibanding keduanya di atas masih lebih cepat yang Source LT to
Mdb,
> baik buka Form maupun move lastnya.
>
> Regards
> Hendra
>




--
HerDja

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar