Jumat, 20 Mei 2011

Re: [belajar-access] Re: Bagaimana Script untuk mengulangi sebuah Perintah input data dengan sekali klik [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from yahya mimoza included below]

Assalamu alaikum pak Sofyan

Maaf saya lupa menyertakan file attachment-nya. coba di buka filenya (frmbayar) pada cmdProses hanya bisa menginput/memproses transaksi kredit per pelanggan sesuai pilihan pada "Combo NoPlg". Nah maksud saya adalah :
1.bisa nggak menginput/memproses transaksi kredit tsb untuk semua pelanggan (contoh 3 plg) hanya dengan sekali menekan tombol CmdProses dan hasilnya akan masuk ke qrybayar. Nanti pada saat plg itu membayar transaksinya akan diinput perpelanggan pada "frmbayar" sesuai dengan tgl bayarnya (tinggal mengupdate [tanggal], [Total] dan [Status] menjadi "Lunas").
2.saya pun ingin pada saat proses (Klik cmdProses) simpan data utk semua plg itu ada progressbar-nya..bisa nggak seperti itu pak?...
Mohon saran dari Pak Sofyan dan teman2 code programnya dan kalo misalnya ada yg harus saya rubah baik itu codingnya, tabelnya, query maupun formnya saya sangat mengharapkan petunjuknya dan terima kasih sebelumnya atas semua saran perbaikannya...



From: Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com>
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Wed, May 18, 2011 5:39:56 PM
Subject: [belajar-access] Re: Bagaimana Script untuk mengulangi sebuah Perintah input data dengan sekali klik

 

Dear Mas Yayamimoza, Subhanallah, berhubung keterbatasan saya yg tidak punya ilmu bisa pandang jarak jauh, pun tidak bisa juga menerka2 ilmu pasti ini, maka bisakah kirimkan file atau sekedar gambaran bentuk form, table, query, nama field, atau apa yg kira2 bisa buat gambaran utk membantu? Ibarat polisi yg hendak menelusuri jejak kasus, semua orang yg berhubungan pasti ditanya, sidik jari dicatat, bukti2 disimpan. Saya sudah minta pada email sebelumnya filenya, saya minta sekali lagi ya sekarang : "Bisakah kirimkan sample code yg sudah berhasil, atau lainnya yg bisa membantu penyelidikan?"

Bila boleh meniru, maka dalam hal ini contohnya adalah Mas Fajrie, bila bertanya selalu menyertakan attachment yg bisa membantu untuk dipelajari. Walaupun bukan jaminan bisa membantu, tapi minimal ada usaha dari Beliau untuk menjelaskan keinginannya. Ini hanya masukan ya, mohon tidak dimasukan ke hati :-) Terima kasih.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://opi.110mb.com/

--- In belajar-access@yahoogroups.com, "yayamimoza" <yayamimoza@...> wrote:
>
> Memang mas untuk input semua pelanggan (contoh 100 plg)bisa diinput tapi proses inputnya satu-satu, jadi klo ada 100 plg harus diinput 100 kali artinya harus 100 kali pula menekan tombol "simpan".Nah maksud saya adalah dengan sekali menekan tombol "Simpan" semua pelanggan (100 plg) itu tersimpan transaksinya. dan saya pun ingin pada saat proses simpan data utk 100plg itu ada progressbar-nya..bisa nggak seperti itu pak?...
>
> --- In belajar-access@yahoogroups.com, "Sofyan Efendi" <sofyanefendi@> wrote:
> >
> > Dear Mas Yayamimoza, bila untuk satu pelanggan bisa, semestinya untuk seluruh pelanggan juga bisa. Barangkali ada kriteria yg perlu diset agar bisa di proses untuk seluruh pelanggan? Bisa dishare seperti apa script nya yg sudah berhasil, atau bila perlu filenya disend yah?
> >
> > Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
> > Sofyan Efendi.
> > http://opi.110mb.com/
> >
> > --- In belajar-access@yahoogroups.com, "yayamimoza" <yayamimoza@> wrote:
> > >
> > >
> > > Thanks utk sarannya dari teman2 hanya saja saya msh agak bingung dengan scriptnya Kira2 gambaran scriptnya seperti apa mas..karena kalo hanya script utk memproses input tagihan per pelanggan alhamdulillah saya bisa karena hanya seperti input data transaksi penjualan secara kredit..tapi untuk semua pelanggan dengan hanya sekali perintah saya betul2 dibuat bingung...please pencerahannya dari teman2 para jagoan access yg baik hati....
> > > --- In belajar-access@yahoogroups.com, "Sofyan Efendi" <sofyanefendi@> wrote:
> > > >
> > > > Dear Mas Yayamimoza, yg pertama perlu dibuat adalah tabel temporary Hasil Proses. Fungsinya untuk menampung data hasil dari proses kalkulasi tagihan. Adapun bila dibuat dalam bentuk query, semakin besar data semakin lambat perhitungannya, karena kalkulasi tagihan bulan per bulan tidak disimpan dalam table khusus. Kemudian buat juga query total yg akan mensumulasi jumlah tunggakan untuk bulan berikutnya, dipaste ke table temporary tsb menggunakan query append. Intinya barangkali Mas Yayamimoza harus memahami dasar penggunaan query append, query total, beberapa perintah dasar di VBA, insya Allah bisa diwujudkan keinginannya.
> > > >
> > > > Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
> > > > Sofyan Efendi.
> > > > http://opi.110mb.com/
> > > >
> > > > --- In belajar-access@yahoogroups.com, "yayamimoza" <yayamimoza@> wrote:
> > > > >
> > > > > Dear Para Master Access..
> > > > > Saya adalah seorang pemula dalam pemrograman Access database. Saya sementara membuat sebuah program untuk pembayaran iuran bulanan. saya bingung dengan script untuk memproses tagihan bulanan utk semua pelanggan dengan hanya sekali menekan tombol "PROSES". saya mempunyai sebuah tabel pelanggan (tbpelanggan) dan tabel pembayaran (tbbayar)dan satu query pembayaran (qrybayar). untuk memproses tagihan semua pelanggan (Misal jlh plg 100 orang)ini saya membuat satu form (frmProses), misalnya saya ingin memproses tagihan untuk bulan Mei 2011 maka dengan sekali menekan command "PROSES" maka semua field [bln&thn] akan terinput nilai "Mei 2011" dan field [statusplg] pada tbbayar akan terinput dengan nilai "Tunggak" untuk 100 pelanggan tadi..mohon petunjuk bagaimana scriptnya dari para master dan teman2 untuk bisa sharing ilmunya.thx to all of you..
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___

Attachment(s) from yahya mimoza

1 of 1 File(s)

Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar