Kamis, 26 Mei 2011

Re: [belajar-access] network connections limit (folder sharing) win XP

 

dear pak Sofyan,
terima kasih banyak atas masukannya, mohon maaf bahasa saya agak 'lebay' jika usernya sampai 100, untuk jaga2 aja jika memang kedepannya nilai usernya jadi sebanyak itu.

memang ada rencana untuk migrasi ke SQL server (tahap belajar), akan tetapi satu kendala yg belum solve sampai sekarang :

di FE-access + BE mysql versi 5.0, link tabel yang tidak ada primary key dibaca read only (tidak bisa update,insert dll, komen dibawahnya 'this recordset is not updateable'), memang ada beberapa table yg tidak ada primary key.

mohon masukannya,

best regards,
deden






---------------

     Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com>
    Sent by: belajar-access@yahoogroups.com
    26/05/11 16:10
    Please respond to belajar-access     
         To: <belajar-access@yahoogroups.com>
         cc:
         Subject: Re: [belajar-access] network connections limit (folder sharing) win XP

Dear Mas Deden, saya sarankan jangan menggunakan aplikasi multi user dengan jumlah user diatas 5 orang, dimana BE nya menggunakan database Ms Access. Rasanya sangat lambat sekali. Sebaiknya BE menggunakan SQL Server. Ini hanya pengalaman saya, sudah membuat aplikasi multi user dengan BE MS Access dan BE SQL Server, perbandingannya sangat jauh.
 
Salah satu keunggulan SQL Server adalah ia mendukung konsep database VLDB (Very Large Database), sehingga dapat menyimpan database dengan size yang besar. Hal ini berbeda sekali dengan Access MDB yang mempunyai kapasitas maksimum sekitar 2 GB saja. SQL Server adalah sebuah produk database yang mendukung aplikasi database Server-Client secara multi user dengan jumlah user yang bisa banyak. Selain itu, SQL Server sangat mengurangi penggunaan lalu lintas data jaringan / network, sebab ia dapat mengirimkan dan mengambil data sesuai yang diinginkan oleh user saja.
 
Sebagai contoh, jika kita hendak mencari suatu data karyawan yang bernama "Sofyan" saja, maka SQL Server akan mengirimkan melalui network, data yang namanya "Sofyan" saja. Sedangkan pada Access MDB, seluruh data karyawan akan dikirimkan dahulu ke PC user melalui network, kemudian baru di pilih yang bernama "Sofyan" di PC usernya. Bisa dibayangkan jika data karyawan Anda ada 1,000,000 record, maka akan sangat lama sekali jika menggunakan Access MDB, padahal yang bernama "Sofyan" dalam recordset tsb hanya satu orang.
 
Adapun untuk limit user di Windows XP, saya belum mengetahuinya.

__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar