Kamis, 26 Mei 2011

Re: [belajar-access] Bisakah ditambahkan Command seperti DoCmd....

 


Ok deh, mau gak mau saya harus merelakan User untuk melihat Lokasi Back end saya kalau terjadi koneksi putus dan pencegahannya saya akan selalu copy front end dan back end saya setiap waktu agar tidak terjadi corrupt.
Terima kasih Mas Aksan dan Mas Sofyan atas pencerahannya. Hanya Tuhan yang bisa membalas kebaikan Mas berdua.

Salam,
Tio



Sofyan Efendi <sofyanefendi@gmail.com>
Sent by: belajar-access@yahoogroups.com

05/25/2011 04:48 PM
Please respond to belajar-access

       
        To:        <belajar-access@yahoogroups.com>
        cc:        
        Subject:        Re: [belajar-access] Bisakah ditambahkan Command seperti DoCmd....



 

Setuju dengan Mas Aksan, sebenarnya sangat riskan menyimpan file mdb di network yg kurang stabil, saya dulu pernah mengalami kasus file mdb nya menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka lagi.

 
Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.

http://opi.110mb.com/
----- Original Message -----
From: Aksan Kurdin
To: belajar-access@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 25, 2011 4:15 PM
Subject: Re: [belajar-access] Bisakah ditambahkan Command seperti DoCmd....

 

Agak susah kalau tidak ditunjang dengan infrastruktur yang baik.
Koneksi yang sering putus, berarti harus diatasi oleh model disconnected recordset. Ini hanya ada di ADO.NET, sedang access belum mendukung penggunaan ADO.NET.
Hanya ada dua pilihan, yang pertama agak pahit dengernya, ganti access dengan .net seperti vb.net atau c#
Yang kedua, lebih 'access', tetapi butuh banyak programming skil. Anda perlakukan semua form sebagai unbound. Rekayasa data dilakukan melalui perintah operasi recordset, atau operasi sql.
Contoh, anda hendak display data, maka download dulu data dari backend ke lokal tabel, baru didisplay di layar untuk operasi filter, sort, dan searching.
Untuk penambahan/edit/delete data, anda bisa lakukan dengan perintah docmd.runsql <action query>, atau dengan membuka operasi recordset (DAO/ADO).

Naaah...., cara pamungkas, upgrade infrastruktur-nya agar tidak disco-disco ...
bisa dengan perbesar bandwidth, atau dengan menggunakan metode remote sistem seperti citrix dkk.
:)


aksan kurdin


On 5/26/2011 1:06 PM,
tio.adjie@ptssb.co.id wrote:
 



Mas, sebenarnya ini terkait dengan connection yang kadang putus. Methode
saya adalah saat User menjalankan databasesenya, saya buka form mainform
yang selalu terbuka . Nah saya masukkan subform di form main tsb yang
koneksi ke backend. Disetiap detik, saya requery subform tsb dengan evert
Form on timer. Supaya tidak berat, subform itu isinya hanya 1 field saja.
Nah saat konneksi putus memang saya sudah coba dengan saran Mas Sofyan
yaitu dengan beberapa error number, tapi keluarnya memang benar yaitu
dengan munculnya MessageBox, tapi setelah itu keluar peringatan object or
data is not valid. Karena ketika terbuka mainform standby, sengaja saya
buka juga beberapa form, mungkin itu yang dimaksud data dan object tidak
dikenal (not valid). Setelah kotak peringatan itu saya klik OK, keluar
peringatan disk or network error dan form yang saya harapkan muncul tetap
tidak muncul, karena seharusnya muncul setelah saya coba masukkan DoCmd.
setelah Msg err. description. Jadi tetap masalah saya ini tidak solved.
Saran dari Mas Sofyan, yaitu dengan mengecek keberadaan file dummy yang
diletakkan di back end tetap tidak berhasil karena Form-form yang saya buat
selalu bound ke back end (tidak unbound) sehingga procedurenya sudah
dipanggil. Mungkin ada pencerahan lain ? Inti dari masalah saya adalah
bagaimana mencegah saat konneksi putus, maka database langsung Quit.
Sekedar info: Front End dan Back end pakai Ms. Access. Terima kasih
sebelumnya.

Salam,
Tio




|---------+---------------------------->
| | Tio Adi Bayu |
| | Adjie |
| | |
| | 05/26/2011 11:44 |
| | AM |
| | |
|---------+---------------------------->
>----------------------------------------------------------|
| |
| To:
belajar-access@yahoogroups.com |
| cc:
belajar-access@yahoogroups.com |
| Subject: Re: [belajar-access] Bisakah ditambahkan Command seperti DoCmd....(Document link: Tio Adi Bayu Adjie) |
>----------------------------------------------------------|



OK Mas Aksan, nanti saya praktekkan dan saya kasih tahu hasilnya.

regards,
'Tio



|---------+------------------------------>
| | Aksan Kurdin |
| | <aksan.kurdin@gmail|
| | .com> |
| | Sent by: |
| | belajar-access@yaho|
| | ogroups.com |
| | |
| | |
| | 05/25/2011 11:23 AM|
| | Please respond to |
| | belajar-access |
| | |

|---------+------------------------------>
>----------------------------------------------------------|
| |
| To:
belajar-access@yahoogroups.com |
| cc: |
| Subject: Re: [belajar-access] Bisakah ditambahkan Command seperti DoCmd.... |
>----------------------------------------------------------|







:)
maaf mas tio, pertanyaan saya juga sama: bagaimana hasilnya ?
ini bisa langsung anda praktekkan kok :)


aksan kurdin


On 5/25/2011 10:18 AM,
tio.adjie@ptssb.co.id wrote:




Dear All,
Saya mau tanya, bisakah ketika kita buat perintah di command button
on click, nah setelah terjadi error, kita tidak hanya memunculkan
msgbox , tapi juga setelah menampilkan msgbox juga ditambah command
seperti DoCmd.OpenForm "ContohForm", spt. perintah di bawah. yaitu
setelah MsgBox err.Description ditambah DoCmd.OpenForm "ContohForm".

Private Sub Contoh saja()
On Error GoTo Err_Contoh saja
Dim DbDelete As Database

Set DbDelete = CurrentDb
DbDelete.Execute "DELETE TableOpenForm.* FROM TableOpenForm
WHERE (TableOpenForm.OpenFormName='" & Me![NamaForm] & "') "
Exit_Contoh saja:
Exit Sub

Err_Contoh saja:
MsgBox err.Description
- - - - - - -
Resume Exit_Contoh saja
End Sub


Terima kasih sebelumnya.

regards,
Tio









__._,_.___
Recent Activity:
SPAM IS PROHIBITED
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar